WORKSHOP PENINGKATAN MUTU AKADEMIK PROGRAM KUALIFIKASI S-1 BAGI GURU MI DAN PAI MELALUI DUAL MODE SYSTEM LPTK MITRA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA

Workshop Peningkatan Mutu Akademik dilaksanakan oleh Unit  UPMA STAIN Salatiga pada 8-9 Agustus 2010 di Bandungan Jawa Tengah. Acara diikuti oleh 30 orang peserta yang mewakili unsur semua  pimpinan, dosen, senat, dan unit-unit. Pembicara yang mempresentasikan materi berasal dari UIN SUKA Yogyakarta yaitu Drs. Hisyam Zaini, MA dan Suwadi, M. Ag, M. Pd. Materi yang diberikan kepada peserta diantaranya adalah :  Membangun QA Awareness di PT, Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Berbasis ISO 9001:2008, Teknik Penyusunan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Berbasis ISO 9000:2008, Praktek Penyusunan Dokumen dan Presentasi Hasil Penyusunan Dokumen.

Menurut Bapak Hisyam Zaini, Quality is doing the right things in the right way. ISO merupakan standar kualitas pelayanan jasa yang diakui secara internasional. Sementara UGM melakukan kualitas dengan prinsip PDCA (Planning, Doing, Check, dan Action). Standar mutu yang diterapkan sesungguhnya lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan internal, bukan kebutuhan eksternal. Tujuan system penjaminan mutu sendiri adalah peningkatan mutu secara berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan TQS (Total Quality Services).

Menurut Ketua Jurusan Tarbiyah, Suwardi, M. Pd, acara ini tidak terbatas pada Program DMS tetapi juga melingkupi kualitas akademik secara keseluruhan, sehingga harapannya kualitas akademik di STAIN Salatiga akan lebih baik dari waktu ke waktu. Karena itulah, perlu standar kualitas bagi dosen dalam kegiatan akademik. (Hh)