Pembekalan Magang Perbankan Syariah


Untuk menerapkan teori yang pernah didapatkan di bangku kuliah, mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah akan melakukan magang di sejumlah lembaga keuangan syariah, seperti bank syariah, pegadaian syariah, lembaga keuangan mikro, koperasi syariah dsb. Untuk tujuan ini, Rabu, 11 Mei 2011, dilakukan pembekalan di gedung Sekretariat lantai 3 kampus 2 Kembang Arum.


Dalam acara itu, hadir Penanggung Jawab Program KPI D-III, Abdul Aziz NP, MM dan dari Pusat Pengembangan Praktikum (P3) STAIN Salatiga, Drs. Maemn, M. Ag. Selain itu juga menghadirkan pemateri dari Bank Muamalat Indonesia (BMI), yaitu Suparyati dan Fajar Achmar. Keduanya menyampaikan materi tentang seluk beluk pengelolaan perbankan syariah secara menyeluruh. Pembicara dari kalangan praktisi ini diharapkan lebih jelas dalam memberikan pengalaman lapangan.

Pertumbuhan pesat industri perbankan saat ini yang mencapai 87 % (data tahun 2010) menjanjikan kemajuan lapangan pekerjaan bagi alumni jurusan ini. Namun di sisi lain juga sekaligus menjadikan sebuah tantangan tersendiri, sehingga diharapkan dengan program magang ini mahasiswa bisa lebih komprehensif dalam mempelajari proses yang terjadi pada sebuah lembaga keuangan syariah.


Selain diberikan materi tentang proses pengelolaan lembaga keuangan dan pemasaran, acara juga menghadirkan praktisi kearsipan, Itmamudin, SS dari UPT Perpustakaan. Materi ini dipandang penting karena lembaga keuangan berhubungan dengan orang banyak  yang membutuhkan kejelian dalam pengarsipan.

Rahmah Sulistiani, mahasiswi angkatan 2008 mengaku senang bisa mengikuti magang ini karena akan menambah wawasan dan pergaulan. Ia bersama lima temannya akan melaksanakan magang di BMI Salatiga bagian marketing. Beberapa yang lain berkesempatan magang di Bank Syariah Mandiri.  Program ini dimulai pada 16 Mei 2011. (NC0511)