LIVE IN MERAPI : PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PENGURANGAN RESIKO BENCANA

PSGK STAIN Salatiga bersama dengan Jejaring PSW/G/A se-Jateng mengadakan pengabdian kepada masyarakat bagi korban bencana Merapi dengan melakukan beberapa kegiatan yang tujuannya adalah untuk meringankan beban dan memberikan solusi dari beberapa permasalahan pendidikan dan keagamaan. Jejaring yang dimaksud adalah antara STAIN Salatiga, Unika Soegijapranata, IKIP Veteran, STIKES Ngudi Waluyo, dan UNTAG. Kegiatan dilaksanakan di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Dusun-dusun yang menjadi area kegiatan adalah Dusun Tangkil, Dusun Braman, Dusun Sabrang, dan Dusun Ngandong.

Bentuk kegiatan ini adalah tinggal bersama penduduk selama 4 hari dengan kegiatan pengajian, sholat berjamaah, penyuluhan motivasi hidup, dan home schooling. Peserta penyuluhan dan pendidikan adalah para orang tua khususnya ibu-ibu dan anak-anak (SD-SLTA).  Materi yang diberikan berupa psikologi remaja, kesehatan reproduksi, bisnis keluarga, PAUD, Demo Pengolahan Bahan (Tempe, Daun Singkong, dan Ketela), serta Pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk. Pada kesempatan ini STAIN Salatiga menyumbangkan beberapa buku umum, Al Qur’an, Djuz’ama, dan Iqra.

Acara diselenggarakan selama 4 hari yaitu dari tanggal 24-26 Juni 2011 di Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Jawa Tengah. PSGK STAIN Salatiga mengirimkan empat orang peserta yaitu Hj. Maslikah, M. Si (Direktur PSGK), Fetria Eka Yudiana, M. Si (Divisi Mediasi), Wiwin Kurniasari, M. Si (Sekertaris PSGK), dan Dra. Siti Farikhah, M. Pd. (Divisi Pendidikan, Penelitian, dan Pelatihan). (Hh)