Kesibukan Unit Praktikum Pengembangan Profesi

Unit Praktikum Pengembangan Profesi (P3) STAIN Salatiga boleh jadi menjadi unit kerja yang sangat sibuk sepanjang tahun 2011. Unit ini membidani penyelenggaraan kegiatan intrakurikuler mahasiswa dari semua jurusan di STAIN Salatiga. Tujuan kegiatan intrakurikuler ini adalah memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa sesuai latar belakang keilmuan yang ditekuni. Kegiatan intrakurikuler membawa mahasiswa praktikan dapat berinteraksi dengan bidang-bidang praktis yang mungkin dihadapi dalam dunia kerja.

Pada tahun 2011 ini unit P3 telah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan kegiatan praktikum bagi mahasiswa. Praktikum dalam format KKL bagi mahasiswa Prodi. Tadris Bahasa Inggris (TBI) berlangsung tanggal 13 hingga 16 Juli 2011 lalu. Tujuan praktikun adalah mengunjungi Indonesia Australia Language Foundation (IALF) cabang Bali dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Denpasar. Sebanyak 121 orang mahasiswa dikirim dalam kegiatan praktikum ini dan 6 orang dosen ditugaskan mengawal rombongan ini. Praktikum bagi S1 Prodi. Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dilaksanakan pada 23 hingga 26 Juli dengan tujuan Ponpes. Yayasan Arwaniyah di Kabupaten Kudus dan Ponpes Darul Falakh di Kabupaten Jepara. Ponpes. Yayasan Arwaniyah dikunjungi karena memiliki metode unik untuk program hafalan Al Quran anak-anak seusia Taman Kanak-kanak. Sementara Ponpes Darul Falakh memiliki keunggulan sebagai pencetus metode pembelajaran bahasa Arab Amtsilatsi. Metoda ini telah mendunia hingga dipakai di Malaysia dan Brunai.

Praktikum KKL bagi mahasiswa Prodi. D3 Keuangandan Perbankan Islam diselenggarakan tanggal 18 hingga 20 Juli 2011 lalu. Obyek tujuan praktikum ini adalah Bank Indonesia (BI) Surakarta, Bank Muamalah Indonesia (BMI) di Ibu Kota Jakarta, dan menjadi tamu undangan di acara Kick Andi di Metro TV. Praktikum dalam format PPL bagi mahasiswa Ahwal al Syakyiyah (AS) dilaksanakan dengan lokasi Pengadilan Agama (PA) dan Pengadilan Negeri (PN) di Kota Salatiga. Sementara PPL bagi mahasiswa Tarbiyah diselenggarakan tanggal 29 Juli hingga 30 September 2011 dengan lokasi SMP, MTS, dan SMA di Salatiga dan sekitarnya. (AJ)