Kuliah Umum Program Dual Mode Sistem (DMS)

Kamis, 29 September 2011, bertempat di Aula Utama Kampus 1 STAIN Salatiga, Kasubdit Diktis Kemenag RI memberikan ceramah pada kuliah umum Program DMS bagi guru-guru di lingkungan Kemenag RI dari 4 wilayah kabupaten dan kota yaitu Wonosobo, Temanggung, Kab. Semarang dan Kota Salatiga. Program ini merupakan program beasiswa pendidikan lanjutan bagi para guru yang telah mengajar tetapi belum memiliki ijazah s1. Acara kuliah umum diikuti oleh 187 mahasiswa program DMS dan dihadiri oleh Kepala Kemenag dari wilayah yang mengirimkan mahasiswanya.

Dalam ceramahnya, Dr. Mastuki, MAg  menyampaikan betapa peran perempuan pada lembaga pendidikan dasar dan menengah sangat besar. Hal ini bisa dilihat dari jumlah tenaga pengajar yang ada di MI hingga MTs. Dengan demikian, perempuan menjadi sentral dalam pengembangan pendidikan dasar  baik untuk pembinaan akhlak maupun pengembangan keilmuan selanjutnya.  Oleh karena itu tepat sekali jika program beasiswa DMS ini diarahkan untuk mereka.

STAIN Salatiga merupakan LPTK Mitra  penyelenggaraan Program DMS  dengan alokasi jumlah mahasiswa sebanyak 301 yang saat ini tinggal 194 yang aktif, terdiri dari 110 yang telah diwisuda dan aktif 184.