Sarasehan Meningkatkan Kualitas PTAI

PTAIN harus mendorong pertumbuhan akses pendidikan serta enigkatan mmutu serta tata kelola yang baik. Tiga acuan ini menjadi pedoman bagi Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kemenag Ri yang disampaikan  Dr. H. Mastuki, MA dalam paparannya dihadapan dosen STAIN Salatiga yang memenuhi ruang Lantai 3 Perpustakaan pada Kamis, 29 September 2011 jam 09.30. Mastuki menyampaikan itu dalam rangka pemaparan dalam sarasehan dengan Tema Kebijakan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam dalam Meningkatkan Kualitas PTAI.

Setelah diterapkan standarisasi oleh Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) pada tahun 2005,  penyelenggaraan pendidikan nasional di Indonesia masih belum beranjak secara signifikan dari standar minimal yang ditetapkan pemerintah.  Sehingga diperlukan terobosan-terobosan baru seperti pengembangan bidang keilmuan yang seharusnya bias dibuka di PTAI.

Dalam acara yang dihadiri 37 Dosen ini beliau menyampaikan bahwa PTAI masih minim dalam menyumbang besaran angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia, yaitu hanya sebesar 2, 36 % dari total 18 % APK pendidikan tinggi di Indonesia. Itu artinya pendidikan Islam harus segera memacu diri untuk bias memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi pembangunan sumber daya manusia dari aspek pendidikan formalnya.(Sg)