Kuliah Umum Program S1/ D3 STAIN Salatiga

Perkuliahan program S1/D3 STAIN Salatiga tahun akademik 2011/2012 dibuka dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Dr. Phil. Asfa Widiyanto, MA pada tanggal 13 September 2011. Acara dipandu oleh Drs. Ahmad Sultoni, M.Pd dengan mengangkat tema “Prospek Pengembangan Keilmuan Islam di Dunia Internasional”.  Beliau adalah dosen muda dari STAIN Salatiga yang telah menyelesaikan Program S2 di Belanda, S3 di Jerman dan Post Doktoral di Jerman. Pengalaman beliau dalam menempuh pendidikan di dua Negara itu ditularkan pada mahasiswa baru dengan harapan mahasiswa mendapatkan semangat dan inspirasi untuk meraih prestasi.

Menurut beliau pendidikan merupakan proses memantaskan diri menjadi lebih baik melalui proses belajar, diskusi, kegiatan ekstra, jurnalisme, LSM dan pesantren. Keberhasilan beliau selama ini serta semangat belajarnya terinspirasi dari tiga hal, yaitu; pertama, Die Hoffnung Stirbt Zuletzt, yang artinya Harapan yang terakhir meninggalkan jasad kita. Kedua, Es ist noch kein Meister vom Himmel  Gefallen, yang artinya Tidak ada keahlian yang dating begitu saja dan kesuksesan bukan suatu pemberian tetapi melalui kerja keras. Ketiga, Surat Al-Najm; 39-41, “ Manusia hanya akan mendapatkan apa yang dia usahakan”.

Pada kuliah perdana ini juga diserahkan secara simbolik Beasiswa Bidik Misi kepada yang berhak menerimanya oleh Ketua STAIN Salatiga, Dr. Imam Sutomo, MAg. (Hh)