WISUDA: AWAL MENUJU KESUKSESAN

Moment wisuda menjadi momentum penting bagi mahasiswa yang telah lulus dalam menyelesaikan studi di bangku kuliahnya. Meskipun wisuda sarjana bukan akhir segalanya, namun masih banyak kalangan merayakan dengan segala gegap gempita puji syukur. Setelah perayaan wisuda, wisudawan dituntut untuk dapat mengaplikasikan ilmunya di masyarakat melalui kreatifitasnya. Wisudawan yang ideal adalah wisudawan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan minimal bagi dirinya sendiri. Selain  itu, para wisudawan dituntut untuk selalu merespon dinamika perkembangan dunia yang berubah setiap saat  dengan memberikan kontribusi positif bagi kemjuan peradaban sebuah bangsa melalui peran serta di masyarakat.

Pada bulan ini merupakan wisuda sarjana S1 dan D3 ke-27 STAIN Salatiga yang digelar pada Sabtu, 15 Oktober 2011 di Aula Kampus I dan  diikuti oleh 261 wisudawan/wati dari berbagai jurusan dan program studi, diantaranya; Program Studi Pendidikan Agama Islam (151), Pendidikan Bahasa Arab (11), Tadris (Pendidikan) Bahasa Inggris (55), Pendidikan Guru MI (6), Ahwal al-Syakhshiyyah (1), dan Perbankan Syariah (37). Sebanyak 7035 alumni telah lulus dari STAIN Salatiga sejak menjadi Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo.

Wisudawan terbaik dari Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah Fita Setyani dengan IPK 3.78, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah Rona Ratna Pribadi dengan IPK 3.79, Program Tadris Bahasa Inggris adalah Muhammad Nazil Iqdami dengan IPK 3.78, Program Studi Pendidikan Guru MI adalah Maesarah Husnah dengan IPK 3.67, dan Program Studi D-III Perbankan Syariah adalah Zulfa Saiban dengan IPK 3.83. para wisudawan ini berhasil memperoleh IP tertinggi dan masa studi yang relative cepat.

Dr. Imam Sutomo, Ketua STAIN Salatiga, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa masa depan adalah milik mereka yang kreatif dan bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Para wisudawan/wati diharapkan untuk selalu meng-up date ilmu pengetahuannya, baik dengan selalu menjalin komunikasi dengan almamaternya maupun dengan komunitas lainnya. Selamat bagi para wisudawan/wati dan semoga sukses dalam menggapai cita-cita. (Hh/Sg)