Pembekalan KKN Mahasiswa Ekstensi

 

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wahan untuk mengaplikasikan ilmu dalam kerangka bersosialisasi dengan masyarakat sebagai stakeholder pendidikan. Dengan demikian, apa yang didapatkan di bangku kuliah diharapkan bias match  dengan dinamika perkembangan  masyarakat  dan pada akhirnya didapatkan umpan balik untuk dievaluasi, baik oleh peserta KKN maupun lembaga STAIN Salatiga secara umum. Untuk menghadapi  proses pendidikan di lapangan inilah maka diselenggarakan pembekalan KKN bagi mahasiswa Ekstensi Program Studi Pendidikan Agama Islam (S1) pada Jumat, 17/2. KKN itu sendiri akan dilaksanakan mulai Senin tanggal 20 Peburari  2012 di Kecamatan Tegalrejo dan Candimulyo Kabupaten Magelang.

 

Para mahasiswa yang umumnya telah bekerja dan terjun secara langsung di masyarakat ini  tetap bersemangat  mengikuti arahan dari para pemateri, baik yang disampaikan oleh intern STAIN maupun dari  Pemda Magelang, yang dalam hal ini dihadiri oleh Camat Tegalrejo dan Sekretaris Bappeda Kabupaten Magelang. Mereka diberikan kisi-kisi  untuk mensinergiskan program KKN dengan program kemasyarakatan yang sudah berjalan, sebagaimana disampaikan oleh Pejabat Bappeda.

Sementara Camat Tegalrejo menyampaikan data-data statistic sebagai gambaran keadaan masyarakat Tegalrejo. Gambaran ini sangat penting agar para mahasiswa tidak salah program dan sasaran ketika nantinya terjun di lokasi KKN. Sementara itu Dr. Adang Kuswaya, selaku Kepala P3M, unit yang menghandle KKN, menegaskan bahwa KKN sangat penting bagi mahasiswa sebagai bekal sekaligus melihat secara langsung kebutuhan masyarakat. (sg)