Diskusi Internasional Fordib

Sabtu siang, 28/4,  Forum Diskusi bulanan (FordiB) menggelar diskusi rutinnya dengan nuansa berbeda, yaitu dengan mengambil tempat di rumah makan apung Banyu Bening Salatiga. sebagai pembicara adalah Ruwandi,MA, Hanung Triyoko,M.Ed dan Tabitha Kindwell, dosen tamu dari Ohio State University Amerika. Hadir dalam acara itu 34 dosen sebagai peserta diskusi.

Pembicara pertama dalam acara itu adalah Ruwandi,MA yang pada September hingga Desember 2011 yang lalu baru pulang dari a Short-Visiting Scholar Program at College of Education and Human Ecology, the Ohio State University (OSU) Amerika. Dalam paparannya yang bertema Sharing Ideas in Global Context, ia menjelaskan mengenai pertanyaan seorang professor bahwa masih sangat jarang paper jurnal internasional dari para akademisi Indonesia. Padahal ini penting sebagai media untuk menjelaskan kekayaan intelektual yang dimiliki oleh Indonesia dalam kancah internasional. oleh karena itu ia mendorong agar para dosen bisa mengambil bagian dalam penulisan jurnal internasional yang terbit di Barat, mengingat bahasa tidak saja yang terujar namun juga yang tertulis yang akan menjadi warisan intelektual dalam jangka panjang.

Sementara pembicara kedua  yaitu sharing antara Hanung Triyoko dan Tabitha Kindwell sebagai penulis bersama paper yang menjelaskan mengenai pentingnya menumbuhkan minat (interest) di kalangan mahasiswa dan dosen tentang keilmuan, khususnya mengenai bahasa. Tabitha juga bercerita bahwa di Amerika, penulis jurnal rata-rata dilakukan oleh minimal dua orang untuk menghadirkan lebih dari satu perpektif dalam satu topic. Ini berbeda dengan di Indonesia yang lebih banyak ditulis oleh satu orang untuk satu topic. Dalam tataran pembelajaran, penting kiranya paradigm itu dihadirkan, misalnya dengan penerapan student centered learning.(sg)