Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama: (Studi Multi Situs: MI Ma’arif Global, MI Ma’arif Kutowinangun, dan MI Ma’arif Asas Kali Bening Kota Salatiga)

Oleh: M. Gufron

Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Salatiga

E-mail : gufron_makruf@yahoo.co.id

 

 

Abstract

This research is intended to know (1) people expectation toward MI Ma’arif NU Salatiga, (2) how is the development strategy in developing MI Ma’arif in order to exist. This research is qualitative by applying natural paradigm. The finding of this research shows that the MI Ma’arif is applying Arabic and English in daily communication; discipline is the main factor which is shown by automatic bell in organizing subject and designing additional facilities on multimedia class, changing rooms and toilets. Secondly, the school is trying to improve teacher professionalism and management. Finally, the school is trying to build community concern.

 

Keywords: development strategy and expectation

 

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah  ekspektasi masyarakat sekitar MI terhadap MI Ma’arif NU Salatiga? (2) Bagaimanakah Strategi pengembangan MI Ma’arif agar tetap eksis di era pendidikan modern saat ini? Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan metode paradigma natural. Hasil penelitian menyatakan MI Ma’arif melakukan strategi dalam mengsikapi kemajuan zaman,  agar tetap eksis di era pendidikan modern saat ini. Pertama, MI Global Ma’arif melakukan strategi penggunaan bahasa Arab dan Inggris dalam percakapan sehari-hari, menjunjung tinggi kedisiplinan, hal ini terlihat dari digunakannya bel otomatis yang mengatur jam pelajaran, dan pembenahan Fisik Sarana berupa kelas multimedia, yang dilengkapi dengan perpustakaan, ruang ganti dan kamar mandi. Kedua MI Ma’arif Kutowinangun melakukan usaha, membangun professional guru dan pembenahan manajemen. Ketiga MI Kalibening melakukan usaha pembenahan sarana prasarana dan menjalin hubungan dengan masyarakat.

 

Kata kunci: Strategi pengembangan, ekspektasi