Potensi Beasiswa Studi di India

beasiswa india

India diprediksi oleh banyak pihak akan menjadi salah satu kekuatan dunia dari Asia selain China dan Indonesia. Potensi penduduknya yang besar adalah salah satu buktinya. Study yang murah menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak pihak, tidak terkecuali pihak STAIN Salatiga sendiri. Untuk tujuan itulah, pada Sabtu, 6/10,  STAIN mengundang Atase Pendidikan KBRI di India  Son Kuswandi,Dr.Eng, untuk memeberikan beberapa perspektif mengenai studi di India. beliau sengaja diundang oleh pimpinan yang baru saja pulang dari India untuk menjajaki beberapa kerjasama pendidikan, seperti pertukaran pelajar dan dosen, serta peluang beasiswa yang bisa diraih di sana.

Pertemuan itu dihadiri oleh 45 dosen di Ruang  Sekretariat  lantai 3 Kampus 1. Menurutnya, India merupakan mitra strategis untuk beberapa kerjasama, termasuk pendidikan ini. Biaya hidup, buku-buku, jasa dokter, biaya pendidikan, sangat terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah dengan Negara maju lainnya. Itulah mengapa, meski mahasiswa Indonesia di India baru berjumlah  150 an, tetapi duta besarnya memiliki visi jauh ke depan dengan perkembangan India yang sangat signifikan pada tahun-tahun terakhir ini.

Alumni STAIN Salatiga sendiri sudah ada tiga yang melanjutkan di sana, satu telah kembali dan menjadi dosen di almamater kuliahnya, yaitu Sari Famularsih, MA, sedangkan dua lainnya baru dalam proses studi. Sedangkan satu dosen, Hammam,M.Pd, sedang mealnjutkan studi doctoral di sana.  (sg)