STAIN Salatiga Menambah Program Studi Baru

Tahun ini STAIN Salatiga membuka empat program studi (prodi) baru yaitu; Pendidikan Guru Raudhatul Atfal (PGRA), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Ilmu al Qur’an dan Tafsir (IAT). Keempatnya akan memulai perkuliahan pada semester ganjil tahun ini bersamaan dengan perkuliahan prodi yang sudah ada. Keempat prodi ini memiliki prospectus yang sangat luar biasa bagi alumninya karena bidang keilmuan ini sangat dibutuhkan bagi pengembangan keilmuan Islam.

Prodi PGRA menjadi peluang bagi para guru RA atau TK Islam di bawah Kemenag dan para pegiat pendidikan anak seperti PAUD , Kelompok Bermain (KB) , dan pengelola dan pengajar TKQ-TPQ.  Untuk KPI dirpoyeksikan untuk menghasilkan penyuluh agama Islam yang handal dan dinamis, menjadi motivator mental, jurnalis, pegiat broadcasting (penyiaran), public relation, dan entrepreneur dalam bidang informasi. Adapun SKI, diharpakan alumninya menjadi ahli pada bidang keilmuan sejarah dan sosial, filolog atau ahli naskah kuno yang kini masih terserak di Nusantara, atau pegiat masyarakat sejarah. Sedangkan IAT diproyeksikan untuk menghasilkan para pegiat ilmu tafsir dan peneliti al Qur’an yang akan semakin memantapkan kepakaran keilmuan tafsir itu sendiri.

Sebagai bentuk apresiasi lembaga atas terbitnya ijin prodi baru ini, STAIN Salatiga akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang memasuki  keempat prodi ini. Itu artinya semua mahasiswa baru pada keempat prodi ini sec ara otomatis akan mendapatkan beasiswa. (nj)