Assesment Program Pascasarjana Magister Pendidikan Islam

Assesment Program Pascasarjana Magister Pendidikan Islam

Badan Akreditasi Nasional (BAN) tiba di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Salatiga untuk melaksanakan proses asesmen lapangan akreditasi Program Pascasarjana Magister Pendidikan Islam. Proses asesmen dijadwalkan pada tanggal 26-28 Agustus 2013, dengan tim asesor lapangan yang terdiri dari 2 orang penguji, yaitu Dr. Muhammad Anis, MA. dan Dr. Sudiyanto, MS.

Acara akreditasi dihadiri oleh beberapa guru besar dan para dosen STAIN Salatiga yang termasuk tim akreditasi. Pembukaan diisi dengan sambutan ketua STAIN Salatiga Dr. Imam Sutomo, M.Ag. Beliau memberikan ucapan selamat datang kepada tim asesor dan menyatakan bahwa akreditas dapat menguatkan program-program akademik yang ada di STAIN Salatiga. Akreditasi juga merupakan kompetisi yang baik di antara perguruan tinggi di Indonesia khususnya Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) sebagai peningkatan mutu pendidikan.

Dr. Muhammad Anis, MA. mengatakan dalam sambutannya bahwa proses asesmen lapangan merupakan kegiatan pencocokan data-data dengan realita yang ada di lapangan. Hal tersebut bertujuan agar standaritas dana untuk S1 dan S2 tidak tercampur, yaitu dengan menempatkannya sesuai dengan standarnya. Teknis akreditasi dimulai terlebih dahulu dari prodi-prodi karena terdapat item-item yang cukup banyak, kemudian dilengkapai dengan penilaian-penilaian yang lainnya.(ircham)