Seminar Sejarah Islam Program Studi Sejarah Kebudayaan Islam STAIN Salatiga

Seminar Sejarah Islam STAIN Salatiga

Program Studi  Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)  Jurusan Syari’ah  STAIN Salatiga hari Sabtu, 9/10, mengadakan Seminar Sejarah Islam yang bertema  Reorientasi dan Setrategi Pengembangan Ilmu Sejarah Islam. Acara ini diselenggarakan di gedung aula lantai tiga kampus dua STAIN Salatiga dan dihadiri 65 peserta seminar yang terdiri dari para dosen,  mahasiswa Program Studi SKI STAIN Salatiga, guru-guru perwakilan MA/SMA/SMK  se-Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Acara seminar dimulai jam 09-00 dan dibuka oleh Drs. Mubasirun M. Ag, ketua Jurusan Syari’ah STAIN Salatiga. Acara dilanjutkan dengan materi tentang sejarah Islam pembicara yaitu Dr. Hj. Siti maryam M. Ag (Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta) dan Khairon Nahdiyyin , MA, dari institusi yang sama.

Pemateri pertama menyampaikan tentang signifikansi pengetahuan sejarah islam bagi masyarakat Indonesia yaitu tentang pesan Al-Qur’an tentang sejarah, pengertian sejarah, dan kegunaan sejarah serta islamisasi Nusantara.  Sedangkan pemateri yang kedua menyampaikan tentang catatan-catatan sejarah islam yang menyangkut buku-buku sejarah, bukti-bukti sejarah dan juga peninggalan—peninggalan sejarah.

Sebelum acara ditutup ada sesi pertanyaan bagi para peserta. Ada sekitar 5 penanya yang diantaranya adalah dosen STAIN ibu Tri Wahyuningsih. Setelah selesai acara Tanya jawab, acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari STAIN Salatiga kepada para pemateri. (nsw)