Geliat Prodi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) STAIN Salatiga

Mahasiswa Progdi SKI STAIN Salatiga

Program Studi SKI adalah prodi satu-satunya di Jawa Tengah yang eksis di STAIN Salatiga. Tahun ini membuka pendafataran mahasiswa baru. Sukron Makmun, Ketua Program Studi SKI mengatakan bahwa mahasiswa yang masuk di Prodi ini akan secara otomatis mendapatkan beasiswa DIPA Kemenag. Ada beberapa beasiswa yang masih bisa didapatkan yaitu; Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Supersemar, dan Beasiswa bebas SPP bagi yang hafal al Qur’an.

Menurutnya, banyak peluang yang bisa diraih setelah lulus kelak, seperti menjadi tenaga pendidikan, peneliti, sejarawan, filolog, penulis, jurnalis, dan sebagainya. Seperti diketahui sejarah di Indonesia sangat kaya dengan misteri yang masih perlu diungkap seperti fenomena munculnya penemuan-penemuan candi, artefak, prasasti, manuskrip, dan sejarah tutur yang berserak di seluruh nusantara. Sementara perguruan tinggi yang konsen di bidang itu masih sangat jarang. Di Jawa, hanya ada enam PTAIN yang membuka prodi ini, dan salah satunya adalah STAIN Salatiga.

Pendaftaran dibuka melalui jalur UM-PTAIN (jalur ujian tulis) mulai 6 Mei – 20 Juni, Seleksi mandiri tahap I 12 Mei – 20 Juni, dan tahap II 23 Juni – 23 Juli 2014. Pendaftaran bisa dilakukan secara online yang infonya bisa dibuka di official website www.stainsalatiga.ac.id atau di stand pendaftaran di Kampus I Jl. Tentara Pelajar 02 Salatiga setiap hari jam kerja.(nj)