Jurusan Tarbiyah Adakan KKL ke Pulau Dewata

KKL Tarbiyah 2014

Untuk mendapatkan pengalaman sekaligus bekal utnuk meningkatkan penguasaan manajemen sekoilah seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, STAIN Salatiga Jurusan Tarbiyah menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke beberapa lembaga pendidikan di Pulau Dewata Bali. Selain mendapat kesegaran wisata di pulau ini, berdiri beberapa lembaga pendidikan yang maju dan kompetitif dengan ribuan murid. Sebut saja di Yayasan Al Makruf ubung Depnasar dan Yayasan al Banna yang menyelenggarakan pendidikan dari jenjang Taman Kanak-Kanak (RA) hingga perguruan tinggi.

Kegiatan ini merupakan manifestasi dari praktik pengalaman pengelolaan pendidikan utamanya dalam manajemen pengelolaan sekolah seperti terlihat dalam pengembangan sekolah. Manajemen kependidikan bisa dilihat dari pengelolaan fisik dan non-fisik sekolah. Kondisi fisik menggambarkan adanya suatu struktur bangunan sekolah dilengkapi dengan sarana dan prasarana, letak sekolah, pengaturan ruang kelas, dan lingkungan fisik lainnya. Sedangkan kondisi non-fisik menunjukkan adanya dukungan dari berbagai komponen baik menyangkut pengelolaan sekolah, budaya belajar, suasana aman dan nyaman, dan lains sebagainya.

Acara di adakan pada 2 hingga 6 Juni dengan peserta dari Prodi PAI Reguler dan Ekstensi, dan PBA dengan total peserta berjumlah 303 orang. Kegiatan ini melibatkan 14 Doesen Pembimbing Lapangan (DPL) dan para panitia. Drs. Ahmad Maimun, M.Ag selaku Kepala Pusat Pengembangan Praktikum (PPP) mengatakan bahwa alasan pemilihan tempat-tempat itu adalah karena berbagai faktor seperti keunggulan manajemen, hasil prestasi akademik dan non akademik, kompetitif, serta kedalaman spiritual yang dicapai lembaga tersebut. (nj)