Enam Pelajar Thailand Kuliah di STAIN Salatiga

PADA tahun akademik 2014/2015 ini, STAIN Salatiga menerima sekitar 1.500 mahasiswa baru yang tersebar ke dalam beberapa program studi. Yang unik pada tahun ini, ada 6 mahasiswa yang berasal dari negara tetangga, Thailand.

Dari keenam mahasiswa berasal dari dua provinsi yaitu Yala dan Pattani, Thailand tersebut, empat diantaranya mengambil pogram studi Tadris Bahasa Inggris (TBI), dan dua sisanya mengambil pogram Pendidikan Agama Islam (PAI).

Fitria Waedeng (TBI) yang ditemui di sela kuliyahnya, menceritakan bahwa mereka mendapatkan kesempatan belajar di Indonesia melalui beasiswa dari lembaga Azizstan Foundation School. Melalui beberapa seleksi, akhirnya terpilihlah keenam mahasiswa tersebut, yaitu Hakimee Samalee (26), Umuliman Yusuf (18), Surainee Tohyeng (20), Fitreeya Waedeng (21), Maimunah Yango (18) dan Ilham Tayeh (18).

Sejauh ini, mereka tinggal di asrama atau ma’had putra dan putri STAIN Salatiga di Kembang Arum.

Harapan mereka selama kuliah di STAIN Salatiga adalah menguasai bahasa Inggris dan bahasa Arab. Selain itu juga mengetahui sistem pembelajaran yang ada di Salatiga ini. Fitria mengatakan kesan pertama kali yang dia dapatkan disini adalah orang-orangnya ramah dan suka menolong. (mif)