Ittaqo Adakan Seminar Pendidikan Bahasa Arab

Seminar Nasional Bahasa Arab Ittaqo

UNIT Kegiatan Mahasiswaan (UKM) yang fokus di bidang pendidikan Bahasa Arab Ittihaddu at Tholabah Litarqiyati al Lughoh al ‘Arobiyah (ITTAQO) STAIN Salatiga pada Selasa (4/11) menyelenggarakan seminar nasional bertajuk pembelajaran Bahasa Arab.

Dalam seminar yang mengusung tema “Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar dan Menengah dalam Upaya Menjawab Tantangan Pengajaran Bahasa Arab” ini diadakan di auditorium kampus I STAIN Salatiga dengan dihadiri lebih dari 300 peserta.

Seminar dimulai dari jam tujuh pagi dengan regristrasi dilanjut dengan sambutan pembuka oleh Yahya, S.Ag. Tampil sebagai pembicara dalam seminar nasional ini yaitu Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.Ag., sebagai pemateri pertama. Pembicara yang merupakan dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut membahas tentang strategi pembelajaran aktif inovativ dan kreatif dalam proses implementasi kurikulum 2013. Pemateri kedua yaitu Rizal Yuliar, Lc., yang membahas tentang menjawab tantangan pengajaran Bahasa Arab tingkat dasar dan menengah.

“Kurikulum 2013 memang sengaja diambil dengan alasan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga tingkatan MTs dan MA masih dalam taraf pengenalan dan itu sangat kurang. Sedangkan mahasiswa yang ada di STAIN dituntut jadi seorang pengajar kelaknya. Sehingga dengan tema ini kami ingin menjebatani hal tersebut” tutur Muhammad Qoribuddin Ihsan yang merupakan ketua panitia. (Mur)