Workshop Pembelajaran bahasa Berbasis ICT

Workshop Media Pembelajaran

Unit Pelayanan Bahasa (UPB) mengadakan workshop pembelajaran bahasa berbasis ICT pada Jumat, 21/11 di Aula Kampus 2. Acara dibuka oleh Wakil Ketua I bidang akademik, Dr. Agus Waluyo, dan diikuti oleh 54 dosen SIBA ( Studi Intensif Bahasa Asing; Arab-Inggris). Pengisi pada acara ini adalah Dr. Gumawang Jati dari KKIK ITB Bandung.

Workshop ini memerkenalkan aplikasi pembelajaran bahasa asing yang bisa digunakan digunakan dalam kelas secara online dan menyenangkan. Pembelajaran bahasa berbasis ICT bukanlah memindahkan pembelajaran tradisional ke dalam dunia online semata. Terpenting adalah bagaimana mindset mengenai perkembangan teknologi, dari dunia analog ke dunia digital. Lewat teknologilah anak saat ini akan menghadapi perkembangan zaman.

Aplikasi yang diperkenalkan adalah pembelajaran bahasa melalui webquest. Ada beberapa penyedia aplikasi ini seperti Zunal.co, questgarden.com, dan webquest.org. Melalui aplikasi itu pembelajaran bahasa bisa lebih menyenangkan, efektif dan efisien. Selain aplikasi online, peserta juga dikenalkan dengan software untuk membuat visualisasi yang dapat mebantu dalam pembelajaran bahasa menggunakan CSM dan screencastomatic. (sg)