Pemilihan Duta STAIN Salatiga 2014

PEMILIHAN Duta STAIN Salatiga kembali digelar pada tahun 2014 ini setelah sebelumnya vakum selama 3 tahun. Pada tahun ini, pemilihan Duta STAIN yang dulunya bernama pemilihan Mas dan Mbak STAIN diadakan oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) STAIN Salatiga. Program yang kegiatannya dimulai dari Senin-Sabtu (10-15/11) ini diadakan dengan tujuan untuk mencari figur STAIN yang sekarang ini sudah direstui pemerintah untuk beralih status menjadi IAIN.

Risa Suryani, panitia pemilihan Duta STAIN, mengatakan bahwa pemilihan duta STAIN ini terinspirasi dari ajang pemilihan Mas dan Mbak Salatiga.

Persyaratan para finalis adalah diharuskan menguasai bahasa Inggris dan bahasa Arab. Selain penguasaan 2 bahasa tersebut wawasan kampus serta pengetahuan umum juga menjadi persyaratan kelolosan.

Penyeleksian tahap 1 duta STAIN Salatiga melalui pengumpulan berkas serta melakukan interview (10/11). Dari penyeleksian tahap 1 terpilih 18 finalis, yang kemudian mengikuti karantina di gedung PKM 2 kampus 1 STAIN Salatiga. Setelah melalui karantina selama dua hari, 18 finalis itu diharuskan mengikuti tallent show serta menampilkan bakat mereka di atas panggung di auditorium kampus 1 STAIN Salatiga (14/11).

Duta STAIN Salatiga 2014-1

Tujuan dari sesi ini adalah mencari keistimewaan dari para finalis. Pada tahap Grand final, para finalis dipasangka-pasangkan sesuai tinggi badan sampai kemampuan mereka (15/11). Dari grand final tersebut, dipilih 3 pasang duta STAIN yang rencananya mereka akan mendapat kontrak kerja.

Untuk juara pertama dari ajang ini diraih oleh Anna Hayyu Rahmawati (mahasiswa TBI semester 7) berpasangan Sofi Aopriyadi (TBI semester 5), juara kedua Ajeng Virga S.M (mahasiswa PAI semester 3) berpasangan dengan M. Sabar Prihatin (PAI/3), dan juara tiga diraih Agustina Ridho Utami (TBI semester 3) berpasangan dengan Wahyu Fajar (TBI semester 5). (Nur)