English Course and Arabic Course Mahasiswa Bidikmisi

Pada Tanggal 3 Januari 2017 IAIN Salatiga memberangkatkan mahasiswanya yang mendapatkan Beasiswa Bidikmisi ke Pare Kota Kediri Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2014 sebanyak 35 orang dan angkatan 2015 sebanyak 50 orang. Adapun kegiatan yang diikuti adalah English Course dan Arabic Course. Kegiatan ini didamping oleh wakil Rektor Bagian Kemahasiswaan dan Kerjasama Bapak. Moh. Khusen, MA., M.Ag. Kegiatan berlangsung dari tanggal 4 januari 2016 hingga 3 Februari 2017.

Untuk kegiatan English Course diselenggarakan di EGYPT (Education Guidance for Your Peachy Transform) Islamic Boarding & Course yang terletak di jalan Bringin Tegalsari, Tugurejo, Pare, Kota Kediri. Di EGYPT mahasiswa belajar penguasaan tentang penggunaan bahasa Inggris. Setelah lulus dari kursus ini mahasiswa diwajibkan membuat laporan kegiatan dengan menggunakan bahasa Inggris. Mahasiswa yang belajar di EGYPT adalah mahasiswa angkatan tahun 2014. Rombongan diterima oleh pengasuh EGYPT Bapak Purwadi.

Selanjutnya untuk kegiatan Arabic Course diselenggarakan di ASR yang beralamat di jalan Cempaka No. 29 Tegalsari. Tulungrejo, Pare, Kota Kediri. Dalam kursus ini mahasiswa digembleng dalam penguasaan bahasa Arab, baik menulis maupun berkomunikasi dalam bahasa Arab. Setelah mengikuti kursus ini mahasiswa wajib membuat laporan kegiatan kursus dengan menggunakan bahasa Arab. Rombongan diterima langsung oleh staf ASR.

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini menurut bapak Moh. Khusen, M.A., M.Ag adalah untuk meningkatkan skill tentang penguasaan bahasa asing (Bahasa Inggris dan Bahasa Arab) dalam rangka membekali mahasiswa bisa berkompetisi di tingkat Asean dan Internasional, untuk mempersiapkan mahasiswa Bidikmisi meraih beasiswa studi lanjut (S2) khususnya untuk kuota LPDP Afirmasi, untuk mengisi liburan mahasiswa dengan kegiatan yang positif. Disamping itu manfaat utama dalam kegiatan ini adalah untuk memotivasi mahasiswa untuk lebih semangat dalam belajar dan dalam penguasaan Bahasa Asing. Hasil akhir yang didapatkan dalam kursus ini mahasiswa wajib membuat laporan kegiatan kursus dengan menggunakan Bahasa Asing (Bahasa Inggris dan Bahasa Arab) dan akan diserahkan ke Institut sebagai laporan pertanggungjawaban kegiatan.