Tadris Matematika mendapat Visitasi Tim Akreditasi

Senin (10/04) kemarin, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) kembali mendapat kunjungan visitasi akreditasi. Visitasi akreditasi kali ini difokuskan pada program studi Pendidikan/Tadris Matematika yang merupakan salah satu program studi dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Kegiatan visitasi difokuskan diruang rapat utama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).

Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) kali ini di wakili oleh Prof. Dr. Rer. Nat. Widodo, M.S. (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta)

Pembukaan visitasi langsung dibuka oleh Rektor IAIN Salatiga Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd.. Dalam sambutannya Rektor IAIN Salatiga mengatakan selamat datang di Kampus 3 IAIN Salatiga, gedung baru yang dirintis mulai tahun 2015. Di tahun 2015 pula kami merintis Pendidikan/Tadris Matematika dan kami sudah mempersiapan akreditasi ini sebagai akuntable sebagai perguruan tinggi. Prihal nilai/akreditasi yang akan dikeluarkan dari BAN PT kami menyerahkan dan mempercayai sepenuhnya kepada tim asesor.

“Kami juga mengharapkan saran dan masukan dalam mengembangkan Tadris Matematika di IAIN Salatiga,” imbuh Rektor IAIN Salatiga.     

Selanjutnya, tim asesor diwakili Prof. Dr. Rer. Nat. Widodo, M.S. dalam penyampaian sambutannya mengatakan bahwa sejarah matematika ditemukan dari jaman dahulu menyatakan matematika merupakan punya orang Islam.  Yang disebut matematika yaitu bukan sekadar ilmu hitung-hitungan, bahkan menyingung tentang ilmu logika. Dalam peraturan Menteri Pendidikan menyatakan, bahwa setiap prodi dalam perguruan tinggi mengandung matematika dan atau statistik.

“IAIN Salatiga mempunyai program studi matematika perlu dikembangan dan mempunyai orang-orang ahli dibidang matematika,” ujar guru besar Fakultas MIPA UGM Yogyakarta.