Mohammad Safari Berhasil Menyabet Juara II tingkat Provinsi

Mahasiswa program pascasarjana prodi PGMI IAIN Salatiga, Mohammad Safari atas bimbingan dosen pascasarjana Dr. H. Mukh Nursikin, M.Si. berhasil menyabet juara II dalam ajang bergengsi lomba Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat Provinsi Jawa yang diselenggarakan oleh Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, beberapa pekan lalu.

Penetapan sebagai guru berprestasi dilakukan dengan beberapa tahapan dan melalui seleksi ketat. Tahapan seleksi dimulai dari tingkat kabupaten dan berhasil lolos. Di tingkat provinsi, kompetensinya kembali diuji melalui penilaian portofolio dan presentasi karya ilmiah.

“Penilaian portofolio menjadi bagian penting, karena didalam portofolio tersebut terangkum penunjang lainnya dalam mencapai guru berprestasi,” kata Safari.

Dari seleksi dari berbagai perwakilan kabupaten/kota terpilihnya tujuh finalis, selanjutnya ketujuh finalis mengikuti karantina di Semarang selama 4 hari sejak tanggal 1-4 Agustus 2017 di  Hotel Candi Indah Semarang. Lomba Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi ini dibagi menjadi beberapa kategori, diantaranya adalah kategori Guru RA berprestasi, Guru MI berprestasi, Guru MTs berprestasi, Guru MA berprestasi.

Pada paparan karya tulis ilmiah tentang inovasi pembelajaran, Safari berhasil memikat para juri setelah melakukan presentasi dengan judul “Pembelajaran Abad 21, Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Tahun Pelajaran 2016/2017”.   

Media pembelajaran ini dikemas dalam dua versi yaitu versi dekstop yang dikhususkan untuk pengguna PC/Laptop dan yang satu lagi dikemas dalam versi mobile, yaitu versi yang dikhususkan untuk pengguna mobile device seperti smartphone dan tablet.

Khusus versi mobile dikemas dalam bentuk HTML5 dan berektensi .apk sehingga dapat dibuka di semua perangkat utamanya berbasis OS android yang sudah familiar dikalangan masyarakat.

“Pembelajaran interaktif yang saya  bangun dengan sebuah software disebut program lectora inspire dan flash professional sehingga dapat di build dalam komputer dengan extention .exe, dan Android atau smartphone dengan extention .Apk,” ujarnya.

Safari menuturkan terima kasih atas dukungan dan motivasi yang luar biasa kepada Rektor IAIN Salatiga Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd, direktur pascasarjana dan seluruh civitas akademik IAIN salatiga. Safari berharap ajang tersebut dapat dimanfaatkan oleh guru-guru lain khususnya bagi para mahasiswa IAIN Salatiga sebagai inspirasi dan motivasi dalam metode pembelajaran.