PSM SMC; Senandung Metamorforsa Nusantara

Konser akhir tahun Paduan Suara Mahasiswa (PSM) yang diselenggarakan Seni Music Club (SMC) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga kembali menyita perhatian 300 penonton. Konser tersebut mengangkat tema Senandung Metamorforsa Nusantara yang dilaksanakan di Auditorium Kampus I IAIN Salatiga, Senin (30/10/2017) malam.

Menurut M. Abdur Rouf Ali jurusan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan BIsnis Islam sebagai Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Music Club (SMC) IAIN Salatiga mengatakan konser akhir tahun PSM kali ini alumi SMC turut dilibatkan untuk ikut menyanyikan beberapa lagu pada sesi pertama dari tiga sesi yang disiapkan. Dimana dalam konser tahun ini terdapat lebih 70 voice dari semua angkatan SMC dan menyanyikan 7 buah lagu.

“Konser kali ini menampilkan paduan suara dari semua angkatan dan melibatkan lebih dari 70 voice dan menyanyikan 7 lagu , yaitu lagu Gamelan, Doa’a Anak Negeri, Simfoni Yang Indah, Negeriku, Medley Timur, Medley Alumni, dan Zamrud Kathulistiwa,” kata Rouf.

Rouf Ali juga menambahkan, pemilihan tema Senandung Metamorfosa Nusantara sendiri mengandung arti, sebagai perwujudan rasa syukur pada suatu perubahan dalam berproses agar menjadi lebih baik. Selain itu, penggunaan kata Nusantara mempunyai arti yaitu senandung yang dilantunkan kami persembahkan untuk nusantara.

Sementara itu, Aprilian Ria Adisti, M.Pd. pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) SMC IAIN Salatiga mengapresiasi konser di PSM tahun ini. Setiap tahunnya konsep konser selalu berubah dan menampilkan hal baru yang segar.

“Seperti pada konser PSM tahun ini, SMC mengangkat tema Senandung Metamorfosa Nusantara dan mengundang para alumni untuk ikut terlibat dalam konser tersebut,” ujar Aprilia.

Aprilia menganggap dengan konsep dan tema yang diusung pada tahun ini membuat penonton penasaran untuk menyaksikan konser hingga rampung. Apalagi penataan panggung dan peenampilan PSM yang begitu apik membuat seluruh penonton terpanah.