469 Calon Wisuda Ikuti Pembekalan

SALATIGA-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, kemarin, memberikan pembekalan kepada seluruh calon alumni yang akan diwisuda pada Sabtu (15/6) ini. Pembekalan diikuti 469 calon wisudawan, berlangsung di halaman kampus III.

“Sesuai dengan tema penyelenggaraan pembekalan calon alumni ini, tujuannya tidak lain adalah membekali para calon alumni atau wisudawan,  tentang kiat-kiat menekuni praktik di dunia usaha yang akan dijalani di kemudian hari setelah menyelesaikan masa studi,” kata Dr KH Sidqon Maesur Lc MA, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama dalam sambutannya, kemarin.

Hadir juga dalam kesempatan itu sebagai pembicara dan motivator, sang praktisi dunia usaha, Anung Rawan Ekoyanto. Melalui  ceramahnya, dia menjelaskan kiat-kiat memulai terjun sebagai wiraswasta dan cara menghadapi problematika yang akan timbul. Di sela-sela ceramahnya, dia memaparkan pengalamannya selama menekuni  pekerjaan di dunia usaha. Para peserta pembekalan menyambut dengan sangat antusias yang terbukti oleh respons positif yang tampak dalam sesi tanya jawab antara sang motivator dengan audiens yang hadir.

IAIN Salatiga menyelenggarakan wisuda dua kali setiap satu tahun. Kali ini wisuda akan dipimpin Rektor IAIN Salatiga Prof Dr Zakiyuddin MAg. Menyikapi perkembangan zaman, mahasiswa IAIN selalu dimotivasi untuk memiliki prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya alumni IAIN Salatiga yang diterima studi lanjut ke luar negeri. Hingga dengan wisuda IX IAIN Salatiga ini, sejak statusnya masih sebagai Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo di Salatiga sampai sekarang telah mewisuda 12.192 orang.

Prof Dr HM Saerozi yang juga ketua panitia wisuda menjelaskan, pada wisuda IX akan diwisuda sebanyak 469 orang yang terdiri atas Program Pascasarjana Strata 2 sebanyak 31 orang meliputi Program Studi Pendidikan Agama Islam 15 orang, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 12 orang, dan Program Studi Ekonomi Syariah sebanyak empat orang.

Adapun Program Sarjana Strata-1 sebanyak 438 meliputi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Tadris Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini , Program Studi Tadris IPA, Fakultas Syariah, Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) 14 orang.

Kemudian, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu`amalah), Fakultas Dakwah, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora, Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Program Studi Ilmu Alquran dan Tafsir, Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, dan Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam. Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah, serta Program Studi Ekonomi Syariah. IAINSalatiga-#AKSI (hms/zie)