IAIN Salatiga Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

SALATIGA-Upacara diikuti oleh seluruh sivitas akademika IAIN Salatiga yang diselenggarakan di Halaman Kampus 1, Jl. Tentara Pelajar No.2, Sabtu (01/06/2019).

Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Keuangan, Drs. Khaeroni, M.Si mengatakan pelaksanaan upacara ini merupakan bentuk tindak lanjut dari surat Upacara kali ini dilaksanakan sesuai dengan surat Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nomor: 45/4/SJ/B/.VI/HK.00.7/05/2019 tanggal 22 Mei 2019 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Serta edaran Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 4514/SJ/BVI/HK.00.7/05/2019, tanggal 22 Mei 2019 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Seluruh pegawai Kementerian Agama diwajibkan untuk mengikuti upacara ini,” kata Drs. Khaeroni, M.Si. setelah mengikuti upacara.

Sementara itu, Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhowy, M.Ag. mengatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Menurut Prof. Dr. Zakiyuddin, saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP), keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang dan terbukti Indonesia hidup dan bahagia dengan keberagaman itu.

“Pancasila sebagai anugerah yang diberikan oleh Allah SWT yang digali oleh para pendiri bangsa, pancasila harus dapat menjadi dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa dari dulu hingga dimasa yang akan datang,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh pegawai IAIN Salatiga, harus terus mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana para pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa indonesia sebagai dasar negara.

“Mari kita bersama mengamalkan dan mengamankan pancasila secara simultan dan terus menerus,” katanya. IAINSalatiga-#AKSI (hms/zie)