IAIN Salatiga dan TIE-UPS Internasional India Jalin Kerjasama

SALATIGA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga dan TIE-UPS India jalin kerjasama dengan melakukan penandatanganan MoU yang diselenggarakan di Gedung KH. Hasyim Asy’ari, Kampus 3, Sabtu (13/07/2019) kemarin.

Turut hadir dalam acara ini yakni jajaran sivitas akademika dari kedua belah pihak, di antaranya adalah Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyudin, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Sidqon Maesur, Lc., M.A., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prof. Dr Mansur, M.Ag., Ketua Pusat Audit Mutu Internal (LPM) IAIN Salatiga, Dr. Adang Kuswaya, M.Ag., Kepala Pusat Audit Mutu Internal LPM, Dr. Budiono Saputro, M.Pd, serta Direktur TIE-UPS Internasional, Mr. Ravi Makhija.

Dr. Budiyono mengatakan bahwa salah satu upaya mewujudakan mutu lembaga dan sivitas, diperlukan kerjasama dengan pihak lain, diantaranya dengan TIE-UPS Internasional. Kerjasama yang dapat dibangun ini cukup banyak, diantaranya pertukaran mahasiswa, exchange professor, twimming program, dual degree, magang, dan internasional conference.

“Maka lembaga memberikan dukungan untuk lebih jauh menjalin hubungan kerjasama, salah satunya yaitu penandatanganan MoU dengan TIE-UPS Internasional India”, tutur Budiyono.

Dr. Budiyono juga menambahkan, bahwa dalam waktu dekat ini, segera diadakan student exchange. LPM akan membuat sebuah format persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta yang ingin mengikuti program itu. Kemampuan Bahasa Inggris ataupun pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia agar bisa mengenalkan kebudayaan Indonesia maupun IAIN Salatiga, merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Sementara itu, Direktur TIE-UPS Internasional India, Mr. Ravi Makhija, menyampaikan rasa terima kasih kepada IAIN Salatiga yang sudah menginisiasi untuk melakukan kerjasama.

“Kedepan kerjasama ini akan segera kami tindak lanjuti, agar dapat meningkatkan mutu dari masing-masing institusi. Ini adalah kesempatan bagus, kita akan melakuakan kerjasama antara India dan Indonesia, khususnya TIE-UPS Internasional India dan IAIN Salatiga,” tutur Mr. Ravi Makhija.

Rektor IAN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag., sangat menyambut baik atas pertemuan dan gagasan untuk melakukan kerjasama dengan TIE-UPS Internasional India. Kehadiran Mr. Ravi Makhija sebagai simbolis untuk menjalin kerjasama lebih jauh yang dapat bermanfaat bagi dosen maupun mahasiswa IAIN Salatiga.

“Kami sudah menanti kedatangan Mr. Ravi untuk menjalin kerjasama ini, harapan ke depan dapat bermanfaat bagi dosen maupun mahasiswa IAIN Salatiga untuk mengembangkan maupun melanjutkan studi,” kata Prof. Dr. Zaki.

Selain itu, Prof. Zakiyuddin juga sangat mendukung atas hubungan diplomasi Indonesia-India, khususnya pada bidang pendidikan. Karena sebenarnya antara Indonesia-India mempunyai history yang sudah lama terjalin dari segi pendidikan, tetapi belum terlalu diekspos. IAINSalatiga-#AKSI (hms/zie/vr)