IAIN Salatiga Dorong Akselerasi Kenaikan Pangkat dan Jabatan Dosen

SALATIGA-IAIN Salatiga mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Akselerasi Kenaikan Pangkat dan Jabatan Dosen di Ruang Rapat Gedung Hasyim Asy’ari Kampus III IAIN Salatiga pada Selasa (11/12/2019). Kegiatan yang diikuti 50 peserta tersebut dilaksanakan untuk mendorong dosen-dosen menyelesaikan proses kenaikan pangkat dan jabatannya.

“Para dosen tidak boleh menyerah, buat target minimal saat pensiun sudah dapat lektor,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Prof. Dr. Muh. Saerozi, M.Ag dalam sambutan pembukaan.

Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam itu mengatakan bahwa IAIN Salatiga sudah mengelompokkan dosen berdasarkan rumpun ilmu untuk membantu dan memudahkan pendampingan bagi dosen yang sudah lama tidak mengusulkan kenaikan pangkat. Menurutnya pengelompokan sesuai rumpun ilmu tersebut juga dapat membantu penataan manajemen bagi dosen tidak tetap (DTT) dan dosen luar biasa (DLB) di lingkungan akademik IAIN Salatiga.

“Rumpun ilmu yang ditetapkan Kementerian Riset dan Teknologi agak sedikit berbeda dengan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama, tapi secara garis besar rumpun ilmu itu dibagi menjadi lima sampai enam rumpun yang meliputi rumpun agama, rumpun humaniora, rumpun sosial, rumpun alam, serta rumpun formal, dan rumpun terapan,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Saerozi juga mengimbau agar dosen yang terkendala dengan penerbitan jurnal sebagai syarat kenaikan pangkat bisa bekerja sama dengan Rumah Jurnal, “Rumah Jurnal yang kita miliki harus digunakan dengan maksimal. (Dosen) yang masih memiliki kesulitan dengan jurnal bisa bekerja sama.”

Senada dengan Prof. Saerozi, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Salatiga, Khaeroni, M.Si mengajak para dosen untuk segera menyelesaikan proses kenaikan pangkat. “Masalah proses naik pangkat yang membutuhkan waktu lama ini harus segera diusut. Apakah syarat yang diajukan dosen ada yang kurang atau ada alasan lainnya?” ujarnya.

Dalam FGD tersebut menhadirkan Kepala Seksi Bina Tenaga Kependidikan Subdirektorat Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Effi Widayati, S.Ag. Ia mengingatkan para peserta untuk benar-benar memperhatikan persyaratan, “Persyaratan yang dikumpulkan jangan sampai ada yang kurang. Ketika persyaratan yang dikumpulkan kurang proses pendaftaran ke pihak Kemristekdikti akan jadi terhambat.”

“Selain persyaratan lainnya, pemilihan jurnal yang menjadi tujuan penulisan karya ilmiah/penelitian juga sangat penting,” tambahnya.

Kepala Bagian Umum IAIN Salatiga, Diyah Rochati, S.E., M.H. menyatakan bahwa pihaknya siap dan akan selalu membantu dosen yang akan mengajukan kenaikan pangkat dan jabatan.

“Bapak dan Ibu dosen tidak perlu khawatir, (bagian) Kepegawaian sudah mengurusi hampir semua persyaratan yang dibutuhkan untuk kenaikan pangkat. Dosen hanya tinggal menambahkan link dari publikasi penelitiannya,” katanya.

Penulis: Lala
Editor: Ilman
Sumber: Bagian Kepegawaian IAIN Salatiga