IAIN Salatiga Terima Penghargaan di Ajang BCRR

BANDUNG-Kepala Pusat Audit Mutu Internal Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Salatiga, Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. menerima Anugerah Riset Terbaik Tingkat Nasional 2019 dalam ajang Biannual Conference on Research Result (BCRR). Kegiatan tersebut digelar oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjem Pendidikan Islam di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada Selasa-Kamis (3-5/12/2019). Penelitian Dr. Budi Saputro yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Tafsir Sains Terpadu (SIRSAINSDU) berhasil menyisihkan 107 riset dari peneliti terbaik yang berasal dari 29 PTKIN dan 10 PTKIS seluruh Indonesia.

“Saya merasa senang sekali dapat mengikuti ajang BCRR ini. BCRR adalah ajang yang sangat kompetitif, riset-riset dari PTKIN dan PTKIS dikompetisikan secara nasional dan diseleksi secara ketat serta diuji oleh penguji-penguji kompeten dari LIPI, akademisi, dan praktisi,” ujar Dr. Budi.

Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kemenag RI, Suwendi mengatakan bahwa penelitian terbaik didapat dari penyaringan dengan kriteria seperti: 1) inovasi, yaitu terdapat produk keilmuan, 2) novelty yaitu penelitian tersebut menemukan teori atau pengetahuan baru terhadap keilmuan di PTKI, serta 3) kemanfaatan, yaitu penelitian tersebut memiliki pengaruh luas pada masyarakat, dijadikan dasar pijakan kebijakan, ditindaklanjuti dunia industri, dan/atau ditindaklanjuti sebagai pengabdian kepada masyarakat. Penelitian yang masuk diklasifikasikan berdasarkan tema-tema tertentu seperti Kajian Islam Murni (tafaquh fiddin), Integrasi Keilmuan, Moderasi Beragama, Sosial Humaniora, dan Sains/Teknologi.

BCRR 2019 yang mengangkat tema Meningkatkan Relevansi dan Inovasi Penelitian Tingkat Tinggi dan Dampaknya dalam Revolusi Industri 4.0 itu adalah gelaran perdana dan direncanakan akan diadakan secara rutin dua tahun sekali. Menurut Direktur PTKI Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof. Arskal Salim, acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengapresiasi penelitian yang dilakukan para civitas akademika, sekaligus memotivasi perguruan tinggi untuk terus beninovasi.

“Sebab riset adalah substansi atau inti perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu dalam merespon isu-isu pengetahuan yang kontemporer. Hal inilah yang membedakan dosen dengan guru, dosen adalah guru yang meneliti,” jelas Prof. Arskal.

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid menyampaikan apresiasi kepada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagaman Islam dan pihak-pihak yang terlibat dalam acara bertemunya peneliti-peneliti andal di lingkungan PTKI. Lebih lanjut, Zainut mendorong jajaran PTKI untuk terus konsisten dengan program BCRR guna memperoleh hasil riset yang berkualitas.

“Hasil riset yang mumpuni diperlukan dalam rangka ikut meningkatkan kualitas SDM. Peningkatan kualitas SDM akan memberikan pengharapan kerja yang berorientasi pada peningkatan kecakapan serta penguatan keagamaan yang baik. Tantangan terbesar dari dunia perguruan tinggi adalah riset. Kewibawaan dan nama besar perguruan tinggi juga sangat ditentukan oleh riset,” jelas Doktor Studi Pemikiran Politik Islam saat menghadiri penutupan BCRR.

Selain memberi penghargaan dan apresiasi untuk para peneliti terbaik, ajang BCRR juga memberi penghargaan kepada pengelola jurnal terakreditasi. Jurnal IJIMS dari IAIN Salatiga juga berhasil membawa pulang penghargaan karena dikelola dengan baik dan berhasil menembus SINTA 1.

“Apresiasi Kemenag atas prestasi dan capaian terbaik IJIMS sebagai satu-satunya jurnal di Indonesia yang masuk Q1 adalah bukti bahwa IAIN Salatiga siap berkompetisi pada skala nasional, regional, dan internasional,” kata Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin, M.Ag.

Lebih lanjut, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag mengatakan bahwa BCRR adalah ruang yang perlu dikembangkan sebagai komunitas untuk para peneliti, “Lebih dari itu, BCRR adalah tempat untuk berinteraksi dan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam melakukan riset yang benar, tepat, dan bermanfaat bagi dunia akademik dan masyarakat umum.”

Penulis: Lala
Editor: Ilman
Sumber: Diktis Kemenag RI