Mahasantri Ma’had Al-Jamiah IAIN Salatiga Raih Juara 2 Lomba Cerpen Nasional

SALATIGA-Ratna Safitri, Mahasantri Ma’had Institut Agama Islam Negeri Salatiga berhasil meraih juara II dalam lomba cipta cerpen nasional yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran Universitas Muhammadiyah, Magelang, mulai 08-20 Juni 2020 dan pengumuman pemenang 07 Juli 2020. Mahasiswi dari program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tersebut mengatakan bahwa dirinya mendapat info lomba dari Komunitas Literasi Kataba, Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga.

“Awalnya saya dapat info dari komunitas literasi yang saya ikuti, Kataba. Karena saya tertarik, akhirnya saya coba saja. Eh, ternyata menang. Ya saya senang dan tidak menyangka sekali,” tuturnya.

Pada perlombaan tersebut, Ratna menulis cerita pendek berjudul “Nyanyian Petani Desa”. Cerpen tersebut bercerita tentang kehidupan di desa yang memiliki banyak potensi. “Hidup di desa itu kan indah, banyak potensinya. Tapi sayang, pada kenyataannya, orang-orang di desa itu banyak dibodohi karena latar belakang mereka yang sangat minim pendidikan,” jelas Ratna.

Mahasiswi dari Selo, Boyolali itu mengaku keberhasilannya didapat dari latihan panjang dan bimbingan yang diberikan oleh senior di Komunitas Kataba, “Kemenangan ini tidak lepas dari izin Allah, doa orang tua, dan kritik serta saran dari kakak-kakak di Kataba. Selain itu Kataba juga banyak mengadakan event tentang dunia penulisan untuk anggotanya, jadi Saya bisa banyak belajar.”

Ratna merasa dengan menulis ia bisa menyampaikan gagasannya dengan baik, “Menulis itu adalah cara mengungkapkan rasa dan imajinasi yang kita miliki. Untuk teman-teman, cobalah untuk menulis, jangan pernah ragu. Saya yakin semua orang bisa menulis cerita, tinggal bagaimana kita berusaha menumbuhkan kemauan saja,” pungkasnya.

Direktur Ma’had Al-Jami’ah IAIN Salatiga, Muh. Hafidz, M.Ag. mengatakan bahwa bakat para mahasantri dapat diasah di Ma’had, “Alhamdulillah, dengan adanya komunitas seperti KATABA, bakat dan minat para mahasantri dapat dikembangkan dengan baik.” Dirinya berharap prestasi yang diraih Ratna dapat mendorong mahasantri lain untuk meraih capaian-capaian lain.