Satpam IAIN Salatiga Ikuti Skill Upgrading

SALATIGA-Anggota Satuan Pengamanan (Satpam) Institut Agama Islam Negeri Salatiga mengikuti kegiatan skill upgrading pada Jumat (9/10/2020) di Kampus III IAIN Salatiga. Pada kesempatan tersebut, para anggota mendapatkan materi mengenai baris-berbaris, teknik keamanan, dan teknik pemadaman kebakaran ringan. Materi disampaikan oleh satuan Bhabinkamtibmas Polsek Pulutan.

Kustanto, salah satu anggota Bhabinkamtibnas Polsek Pulutan yang memberi materi mengatakan bahwa satuan pengamanan harus bisa mengatasi masalah yang terjadi di lapangan. “Satpam adalah salah satu ujung tombak yang diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan di lingkungan kerjanya. Misal ada kebakaran dengan skala kecil, teman-teman satpam inilah yang akan jadi rujukan pertama. Maka dari itu, pembelajaran tentang APAR/Alat Pemadam Api Ringan sangat penting,” ujarnya. Kustanto juga menekankan pentingnya penguasaan materi, “Materi harus dikuasai dengan baik, dan satu syarat lagi, jangan sembrono dalam melakukan tugas.”

Kepala Subbagian Tata Usaha, Hubungan Masyarakat, dan Rumah Tangga IAIN Salatiga, Muh. Amin, S.Ag., M.M., menambahkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh satuan pengamanan di IAIN Salatiga. “Performa Satpam IAIN Salatiga saat ini sudah sangat baik. Hal ini bisa kita lihat dari respon positif yang diberikan para tamu. Selain itu, Satuan Pengamanan IAIN Salatiga juga sudah sering dijadikan rujukan untuk belajar mengenai protap satpam. Nah, performa yang baik ini tentunya harus ditingkatkan dan diimbangi dengan keterampilan-keterampilan teknis lainnya,” kata Muh. Amin.

Komandan satuan pengamanan, Aziz menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini, dirinya berharap kemampuan dan kompetensi satpam IAIN Salatiga dapat meningkat. “Dengan adanya upgrading ini, teman-teman satpam mendapat penyegaran materi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang peningkatan kedisiplinan dan pengetahuan,” ujarnya. Menurut Aziz hal serupa perlu diadakan secara rutin, minimal dua pekan sekali. “Upgrading seperti ini dapat melatih satpam untuk tanggap dan cekatan dalam tiap kondisi sehingga pelayanan yang diberikan akan selalu prima. Saya percaya pelayanan prima satpam adalah kunci dan cermiman pelayanan IAIN Salatiga secara keseluruhan,” tuturnya.

Anggota satpam IAIN Salatiga, Dwi dan Maylivana mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Keduanya menilai penggunaan APAR adalah salah satu pengetahuan yang wajib dikuasai oleh satuan pengamanan. “Kami harap ke depan makin banyak kegiatan yang bisa meningkatkan skill satpam, seperti penggunaan nozzle dalam kebakaran, dan character building untuk satpam,” pungkasnya.