Tingkatkan Keterampilan Staf, IAIN Salatiga Gelar Pelatihan Soft Skill

Institut Agama Islam Negeri Salatiga mengadakan pelatihan soft skill bagi tenaga kebersihan pada di Laras Asri Resort and Spa pada Sabtu (14/11). Kegiatan yang diikuti oleh 45 orang tenaga kebersihan tersebut diisi oleh motivator dan trainer Asih Yusticia Setia Wardhani, S.E., M.M., CH, CHt, Ci dan Direktur Puslatda CV. Sidomulyo Agro Abadi, Agung Dwiyono, S.H.I.

Kepala Sub Bagian Organisasi Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan IAIN Salatiga, Kusmono Yudho Saputro, S.E. mengatakan bahwa kegiatan yang digelar itu bersifat sangat penting. “Tenaga kebersihan adalah salah satu ujung tombak di IAIN Salatiga. Apalagi sekarang kita sedang dalam upaya untuk mewujudkan green campus yang menjadi salah satu program atau inovasi unggulan Zona Integritas IAIN Salatiga. Maka saya rasa kegiatan seperti ini diperlukan,” ujarnya.

Diyah Rochati, S.E., M.H., Kepala Bagian Umum IAIN Salatiga menambahkan bahwa tujuan pelatihan itu adalah memberi bekal keilmuwan kepada para tenaga kebersihan. “Pegawai IAIN Salatiga saat ini sudah sangat banyak, agar lebih efektif maka pelatihan diadakan secara terpisah sesuai dengan divisi masing-masing,” tambahnya. Diyah berharap dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut dapat memberi manfaat kepada para peserta, “Narasumber yang hadir hari ini adalah para ahli yang sudah mumpuni di bidangnya. Maka dari itu saya minta kepada teman-teman peserta untuk mengikuti acara ini dengan baik agar ilmu yang ditransfer oleh para ahli ini dapat bermanfaat untuk Anda pribadi dan IAIN Salatiga pada umumnya.”

Pada kesempatan itu, para peserta belajar tentang layanan unggul dan pembangunan etos kerja cleaning service dari motivator dan trainer Asih Yusticia Setia Wardhani, S.E., M.M., CH, CHt, Ci. “Kita harus memenuhi, bahkan melebihi harapan dari para pelanggan. Berikan yang terbaik yang kita miliki,” jelasnya. Menurut Asih, kebersihan adalah salah satu wajah yang harus ditunjukkan oleh sebuah lembaga, “Kebersihan adalah salah satu layanan yang kita jual, terlebih lagi kita adalah instansi muslim dan akan beralih status menjadi universitas. Lingkungan bersih memberikan kesan yang baik dan membuat atmosfer kerja jadi lebih kondusif.”

Selanjutnya, dijelaskan pula cara membangun etos kerja serta kerja dalam tim, “Pekerjaan jika dikerjakan dengan semangat dan kesadaran akan membuahkan kepuasan, sebaliknya jika kita terpaksa dalam melakukan pekerjaan, yang kita dapatkan hanya lelah badan dan pikiran. Kerja sama dalam tim juga harus diperhatikan. Semua bagian harus bekerja. Orang yang tidak bekerja berdasarkan kemampuannya hanya akan menjadi beban tim.”

Sesi kedua dari pelatihan soft skill itu diisi dengan materi cara sederhana merawat tanaman dan taman oleh Direktur Puslatda CV. Sidomulyo Agro Abadi, Agung Dwiyono, S.H.I. Agung menjelaskan bagaimana keindahan tanaman dapat diperoleh dengan melakukan perawatan secara berkala. “Yang harus diperhatikan adalah media tanam yang digunakan, dan bagaimana perawatan dari masing-masing jenis tanaman.” Dirinya menambahkan bahwa tanaman yang sudah dirawat dengan baik harus ditempatkan di taman yang juga baik, “Tanaman dan taman adalah dua entitas yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling melengkapi dan mendukung. Keindahan kampus IAIN Salatiga akan bertambah dengan adanya taman yang asri dan bagus.”