Adakan Survei IKM, Polres Salatiga Beri Penghargaan IAIN Salatiga

SALATIGA-Tim survei dari Institut Agama Islam Negeri Salatiga kembali menerima penghargaan dari Kepolisian Resor Salatiga. Penghargaan yang diberikan atas dedikasi dalam pelaksanaan survei pada sentra pelayanan publik Polres Salatiga tersebut diberikan pada Senin (1/3/2021). Tim survei yang terdiri dari Diyah Rochati, S.E., M.H. sebagai ketua, Muhammad Amin, M.M., sebagai sekretaris, dan anggota: Agung Suprapto, M.Eng., Sya’ban Maghfur, M.Pd.I., Rini Verary, M.Si, serta Muslimah Susilayati, M.Pd. berhasil melakukan survei dan penilaian terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Polres Salatiga pada 10 Agustus hingga 10 September 2020.

Menurut Ketua Tim Survei, Diyah Rochati, S.E., M.H., pada 2020 ada tujuh sentra yang menjadi sasaran survei, yaitu: Sentra Pelayanan Publik, Sentra SPKT, Sentra Sattahti, Sentra Pelayanan SKCK (Satintelkam), Sentra Pelayanan Sidik Jari & Penyidikan (Satreskrim), Sentra Pelayanan Penyidikan (Satresnarkoba), serta Sentra Pelayanan SIM, BPKB, & Penyidikan (Satlantas).

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 371 responden pada sentra Pelayanan Publik itu, Polres Salatiga mendapatkan nilai 3,55 dari nilai maksimal Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 4,00 atau sangat baik dengan mutu pelayanan A. “Alhamdulillah, hasil yang didapat tahun ini meningkat daripada tahun lalu; pada 2019, Polres Salatiga mendapat nilai 3,48. Survei yang dilakukan ini mengacu pada Permen PAN-RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik,” tambahnya.

Diyah menilai bahwa survei yang dilakukan tersebut adalah bentuk dukungan untuk membangun zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal itu menunjukkan keseriusan dan kontribusi IAIN Salatiga yang sedang dalam proses alih status menjadi universitas untuk membantu terciptanya Zona Integritas di Kota Salatiga.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kepolisian Resor Salatiga, AKBP Rahmad Hidayat, S.S., menyampaikan apresiasi kepada lembaga dan masyarakat yang telah memberikan kontribusi positif terhadap Polres Salatiga, “Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim dari IAIN Salatiga yang telah membantu Polres Salatiga untuk terus berbenah dengan mengadakan survei IKM. Dari IAIN Salatiga yang sudah lebih dahulu mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi, kita bisa terus belajar.”

Dirinya juga mengimbau anggota Polres Salatiga untuk terus melakukan pembenahan dan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. “Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih. Semoga kerja sama yang baik ini tetap terjaga dan memberi manfaat baik untuk Polres Salatiga maupun IAIN Salatiga,” pungkasnya.