IAIN Salatiga Adakan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad

SALATIGA-Institut Agama Islam Negeri Salatiga mengadakan kegiatan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW pada Rabu (17/3/2021) di halaman Masjid Ar-Rahman kampus III. Dalam sambutan pembukaan, Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag mengatakan bahwa memperingati Isra Miraj adalah hal yang penting, “Dengan adanya peringatan ini, kita bisa belajar mempertebal iman.”

Menurutnya, Isra Miraj memiliki dua sisi dimensi, yaitu dimensi historis pada perjalanan Rasulullah dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa dan dimensi mistis pada perjalanan Rasulullah dari Masjidilharam naik ke langit tertinggi/sidratul muntaha. “Rasionalitas tidak akan cukup digunakan dalam menjalani hidup. Hanya dengan imanlah kita bisa menyelesaikan masalah,” tambahnya.

“Semoga kita bisa mengambil hikmah dan aspek spiritual dari salat,” pungkasnya.

Wakil Dekan III Fakultas Syariah IAIN Salatiga, Dr. Ahmad Sultoni, M.Pd memberi penjelasan mengenai Isra Miraj. “Isra Miraj adalah perjalanan cahaya menuju Allah SWT. Tafsir dari ‘operasi’ yang dijalani Rasulullah SAW saar perjalanan Isra Miraj adalah bahwa Beliau menjalani proses untuk memperkebal diri,” katanya.

Isra Miraj menurut Dr. Sultoni adalah kejadian suprarasional, “Untuk mempercayai Isra Miraj adalah sebuah ujian keimanan yang berat.” Dirinya menilai zaman sekarang banyak manusia yang kehilangan Allah SWT, “Agar Allah tidak hilang dari hidup, hendaknya kita senantiasa mengingat Allah dalam semua aktivitas kita. Saya rasa membekali mahasiswa IAIN Salatiga dengan kecerdasan kenabian sangat diperlukan.”

Pada kesempatan tersebut, hadir pula donatur utama pembangunan Masjid Ar-Rahman, Dr. Hj. Endang Setyaningdyah, M.M. “Semoga peringatan Isra Miraj ini dapat menyatukan persaudaraan umat Islam dan meningkatkan iman serta takwa.”

Hj. Endah mengatakan bahwa dirinya berharap agar peringatan hari besar Islam dapat selalu dilakukan di Masjid Ar-Rahman IAIN Salatiga sebagai sarana menambah keimanan.