Tunjang Pembangunan ZI, Polres Salatiga Minta Tim Humas IAIN Salatiga Isi Pelatihan Multimedia

SALATIGA-Tim Humas IAIN Salatiga mengisi pelatihan multimedia di Polres Salatiga pada Kamis-Jumat (27-28/5/2021). Menurut Kepala Polres Salatiga, AKBP Rahmad Hidayat pelatihan multimedia tersebut diperlukan untuk menunjang pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di lingkungan Polres Salatiga.

“IAIN Salatiga lebih dulu mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi, maka kami ingin belajar langsung dari IAIN Salatiga. Kami berusaha mempelajari semua aspek termasuk bagaimana mengoptimalkan media sosial sebagai alat untuk menunjang pembangunan Zona Integritas,” tambahnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bagian Umum IAIN Salatiga dan Koordinator Lapangan Zona Integritas, Diyah Rochati, S.E., M.H.,“Menghidupkan media sosial adalah salah satu kiat penting pembangunan ZI. Inovasi yang kita miliki, budaya kerja yang selalu kita kerjakan harus selalu didokumentasikan.”

Menurutnya, media sosial adalah ujung tombak untuk mempromosikan inovasi yang dimiliki oleh satuan kerja. “Inovasi yang unik bisa menjadi gambaran satuan kerja dan dapat diunggulkan. Nah, media sosial ini dapat dipakai untuk mengenalkan inovasi yang dimiliki kepada masyarakat luas. Selain itu peran Agen Perubahan juga sangat penting dalam pembangunan Zona Integritas di dalam satuan kerja,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Tim Humas IAIN Salatiga yang terdiri dari Zidnie Ilman Elfikri, S.S.; Mohamad Rifki Athaya, S.Ds.; dan Miftachul Huda, S.Sos. menjelaskan tahap-tahap pengelolaan media sosial mulai dari pengumpulan materi, baik berupa foto maupun video hingga cara menyajikan materi yang didapat di media sosial. Hari kedua pelatihan digunakan untuk praktik langsung bersama dengan peserta pelatihan.

Menurut Zidnie dalam menunjang pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di lingkungan Polres Salatiga peran media sosial menjadi salah satu faktor penentu. “Apalagi pada masa pandemi, semua masyarakat dapat mengetahui informasi dalam waktu singkat tanpa harus berpergian. Sehingga pemanfaatab melalui media sosial menjadi penting dalam pembangunan Zona Integritas”

Polres Salatiga menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi pada 22 April 2021. IAIN Salatiga yang saat ini sedang berproses dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani sudah sejak lama mendukung pembangunan serta pencanangan Zona Integritas di lingkungan Polres Salatiga. Selain mengisi pelatihan multimedia, pada tahun 2020, IAIN Salatiga menandatangai MoU dengan Kepolisian Resor Salatiga untuk mewujudkan kerja sama dan membangun sinergi dalam rangka survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap layanan Polres Salatiga.