Lepas Peserta PWN, Rektor IAIN Salatiga: Kontingen Harus jadi Teladan

Rektor Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. melepas kontingen IAIN Salatiga untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional di Gedung KH. Hasyim Asyari Kampus III, pada Senin (8/11). “Alhamdulillah, walau pun kegiatan ini sempat mengalami kemunduran jadwal karena pandemi, tahun ini IAIN Salatiga dapat mengirimkan kontingen untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional yang ke-15,” katanya di depan para peserta dan pembina Racana Kusuma Dilaga-Woro Srikandhi/XI-32 02.237 – 02.238.

Prof. Zakiyuddin menilai Pramuka sebagai wahana pendidikan untuk mengembangkan karakter. “Yang paling penting dan harus diingat adalah kontingen IAIN Salatiga wajib menjadi contoh dan teladan bagi peserta lainnya,” tambahnya. Lebih lanjut, dirinya mengimbau para mahasiswa yang berangkat dan tergabung dalam kontingen IAIN Salatiga untuk meningkatkan kualitas individu, “Setiap individu yang ada dalam tim diwajibkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas diri. Jika kemampuan individu sudah baik, kolaborasi dan sinergi dengan orang lain akan membentuk satu tim yang kuat.” Rektor juga mengingatkan peserta untuk terus mengembangkan soft skill yang dimiiki di samping pengembangan hard skill yang bisa didapat dari perkuliahan di kelas.

“Terakhir, semoga kontingen IAIN Salatiga dapat mengikuti kegiatan dengan selamat, dan lancar, serta selalu diberi kesehatan. Sukses selalu untuk kontingen IAIN Salatiga dan Racana Kusuma Dilaga-Woro Srikhandi,” pungkasnya.

Menurut Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama yang bertugas sebagai Pemimpin Kontingen. Dr. Sidqon Maesur, Lc., M.A. ada sebanyak empat orang mahasiswa dan empat orang mahasiswi yang berangkat ke Palembang dan mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional secara offline. “PWN kali ini diadakan secara hybrid, artinya ada yang mengikuti secara offline dan ada pula yang mengikuti secara online. Selain delapan orang mahasiswa dan mahasiswi yang berangkat, PWN ini juga diikuti oleh peserta lain dari kampus,” jelasnya.

Dr. Sidqon berpesan agar para peserta menjaga kesehatan dan stamina selama kegiatan berlangsung. Dirinya juga berharap kontingen IAIN Salatiga dapat mengikuti kegiatan dengan baik selama gelaran PWN ke-15 berlangsung.