Mapala IAIN Salatiga Ikuti Program Penghijauan Merbabu

Pict: istockphoto

Unit Kegiatan Mahasiswa, Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) MITAPASA Institut Agama Islam Negeri Salatiga mengikuti program penghijauan Gunung Merbabu dengan menanam 1001 batang pohon pada Minggu (6/2). Kegiatan yang digelar di Dusun Gedaman, Desa Genikan, Kecamatan Ngablak tersebut mengangkat tema “Ambil Bibitmu, Marilah Menanam Bersamaku”.

Langkah yang diambil MAPALA MITAPASA itu mendapat apresiasi dari Ketua Taman Nasional Merbabu, Kiky. “Terima kasih kepada para mahasiswa IAIN Salatiga yang telah berpartisipasi dalam program pemerintah ini,” ujarnya. Kiky berharap apa yang dilakukan peserta dapat membuat lingkungan kembali lestari.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Kiky, para peserta menanam beberapa jenis pohon seperti pohon puspa, bluberi, cemara, dan akasia. “Dengan adanya penghijauan, lingkungan sekitar bisa bertambah sejuk. Selain itu, keseimbangan alam dan sumber air akan tetap terjaga,” tambah Kiky.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Babinsa Koramil 07/Ngablak Kodim 0705 Magelang Serka Wisnu dan Serda Sarwadi, Kepala Desa Genikan, Sutirno, serta Kadus Gedaman, Sungkono.

IAIN Salatiga dan segenap sivitas akademika terus berupaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Rektor IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, mengatakan bahwa sejak pertengahan tahun 2019, IAIN Salatiga sudah berkomitmen untuk menerapkan kriteria pembangunan kampus berwawasan lingkungan yang sustainable.

Pada 2021, IAIN Salatiga berhasil menduduki peringkat keenam kampus hijau di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia menurut UI GreenMetric World University Rankings. Perankingan tersebut diikuti oleh 956 perguruan tinggi dari 80 negara.