Rektor Lantik Pengurus SEMA & DEMA IAIN Salatiga, Minta Mahasiswa jadi Aktivis Intelek

SALATIGA-Rektor Institut Agama Islam Negeri Salatiga melantik Pengurus Senat Mahasiswa dan Dewan Eksekutif Mahasiswa periode 2022/2023 pada Jumat (11/2) di Gedung Auditorium dan Student Center Kampus III. “Pelantikan ini adalah salah satu upaya dalam mempersiapkan generasi masa depan,” ujar Rektor IAIN Salatiga.

Lebih lanjut, Prof. Zakiyuddin meminta para pengurus untuk memanfaatkan wewenang dengan baik, “Mahasiswa yang tergabung dalam SEMA dan DEMA harus bisa menjadi teladan untuk mahasiswa lain, baik secara intelektual atau pada aspek lainnya.”

Dirinya menilai aktivis kampus harus intelek, “Sekarang sudah tidak zamannya ada aktivis yang telat lulus. Aktivis harus lulus tepat waktu, dan bisa menyeimbangkan antara kehidupan organisasi serta kehidupan akademiknya.”

Pada kesempatan itu, Prof. Zakiyuddin juga menekankan pentingnya sensitivitas mahasiswa terhadap problem sosial. “Mahasiswa harus bisa menyuarakan suara rakyat. Bagaimana privilege sebagai mahasiswa itu dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Rektor IAIN Salatiga juga mengingatkan mahasiswa yang menjadi pengurus untuk senantiasa meningkatkan kesalihan, “Selain pintar, teladan yang baik juga harus memberi contoh di bidang keagamaan. Akhlak yang terpuji harus bisa menjadi panutan yang lain.”

Dewan Eksekutif Mahasiswa IAIN Salatiga periode tahun 2022 diketuai oleh Muhammad Miftahul Hudha dengan wakil ketua Mohammad Agus Ghufron, sekretaris Soraya Al Latifa dan Bendahara Laily Septiani. Sedangkan Senat Mahasiswa IAIN Salatiga periode tahun 2022 berisi 17 anggota.