IAIN Salatiga Adakan Road Tour Sosialisasi SPAN-PTKIN

SALATIGA-Institut Agama Islam Negeri Salatiga mengadakan road tour dalam rangka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Prestasi dan Akademik Nasional. Tour sosialisasi tersebut digelar di beberapa tempat di Pulau Jawa, mulai dari Ciamis (27/1), Banjarnegara (15/2), hingga Mojokerto (8/3).

Pada Sosialisasi yang diadakan di Banjarnegara, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Salatiga, Dr. Sidqon Maesur, Lc., M.A. menyampaikan perkenalan singkat tentang IAIN Salatiga. “IAIN Salatiga itu letaknya di Kota Salatiga yang terkenal dengan predikat kota paling toleran yang ada di Indonesia. Artinya IAIN Salatiga ini adalah tempat yang kondusif untuk belajar,” terangnya.

Dr. Sidqon berharap para guru tidak ragu-ragu untuk mengarahkan siswa-siswanya agar mendaftar di IAIN Salatiga, “Secara umum, biaya kuliah di IAIN Salatiga masih sangat terjangkau. Beasiswa dari berbagai instansi pun tersedia. Sejauh ini ada beasiswa KIP Kuliah bagi mahasiswa yang kurang mampu, Beasiswa Baznas, Beasiswa dari Bank Indonesia, Beasiswa dari Bank Rakyat Indonesia, dan masih banyak lagi beasiswa lain.”

Lebih lanjut, Warek III IAIN Salatiga mengatakan bahwa dalam waktu dekat IAIN Salatiga akan beralih status menjadi UIN, “Sebentar lagi kami akan beralih status menjadi universitas. Alih status ini akan dibarengi dengan bertambahnya program studi yang ada di IAIN Salatiga. Dengan banyaknya prodi yang tersedia, calon mahasiswa akan lebih leluasa memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan minatnya.” IAIN Salatiga memiliki 27 program studi yang dihimpun dalam lima fakultas untuk jenjang S1, sedangkan untuk program pascasarjanan disediakan enam program studi yang dapat dipilih.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi SPAN PTKIN. Tim Sosialisasi IAIN Salatiga yang terdiri dari Dra. Hj. Siti Asdiqoh, M.Pd, Nur Huri M.S.I., dan Sutrisna, M.Pd menjelaskan tata cara mengikuti SPAN PTKIN termasuk cara mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS), serta memberi penjelasan mengenai dunia perkuliahan di IAIN Salatiga.

Waka Kurikulum MAN 2 Banjarnegara, Nadhir, S.Pd menyambut baik kedatangan tim sosialisasi IAIN Salatiga. Dirinya berharap kegiatan itu dapat memotivasi siswa-siswa di Banjarnegara untuk melanjutkan pendidikan di IAIN Salatiga.

IAIN Salatiga membuka tiga jalur Penerimaan Mahasiswa Baru, yaitu jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN, jalur Ujian Masuk (UM) PTKIN, dan jalur Ujian Mandiri. Jalur SPAN-PTKIN dibuka mulai 4-31 Maret 2022.