Antusias, Mahasiswa Pascasarjana UIN Salatiga Adakan Sharing Session bersama Dosen Tamu dari Jerman

SALATIGA-Mahasiswa program pascasarjana UIN Salatiga antusias mengikuti diskusi dan sharing session bersama dosen tamu dari Jerman, Prof. Dr. Rer. Pol. Reinhard Aehnelt, di Ruang Rapat Utama Gedung KH. Hasyim Asy’ari, Jumat (23/09).

Pada kesempatan tersebut, Prof. Reinhard Aehnelt berbagi pengalaman terkait bagaimana pelaksanaan penelitian di Jerman khususnya penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dirinya menilai peneliti harus memiliki dasar pemikiran yang jelas terkait tujuannya melakukan penelitian, “Dengan dasar pemikiran yang jelas kita dapat menyajikan data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.”

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa penelitian kualitatif juga mementingkan objektivitas data. “Karena dalam penelitian kualitatif objektivitas data itu penting, maka peneliti tidak boleh memaksakan pandangannya sendiri. Sebaliknya, peneliti harus melaksanakan penelitian seakan- akan belum mengetahui sedikitpun sehingga dapat mengamati, menilai dan mengungkapkan hasil penelitiannnya secara objektif,” jelasnya.

Tidak hanya memberi kuliah, Prof. Reinhard juga memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk bertanya dan mendiskusikan berbagai aspek terkait kegiatan penelitian kualitatif. Sesi tersebut dilakukan dengan penuh semangat oleh para mahasiswa.

“Mari kita bersungguh-sungguh dalam melaksanakan penelitian. Penelitian harus dilaksanakan dengan niat dan tujuan yang tepat sehingga menghasilkan produk penelitian yang benar-benar terasa manfaatnya. Kegiatan penelitian harusnya tidak hanya dilakukan karena tuntutan akademis tetapi karena adanya tuntutan kebutuhan sehingga penelitian yang dilakukan bisa menjadi problem solver atas fenomena tertentu,” pungkasnya mengakhiri kelas.

(lp2m | ed: nhl)