FGD Penelitian Kualitatif, Prof. Reinhard Dorong Peneliti UIN Salatiga Memberikan Kontribusi Nyata bagi Masyarakat

SALATIGA-Peserta Senior Experten Service (SES) Jerman, Prof. Dr. Rer. Pol. Reinhard Aehnelt berbagi pengalaman terkait pelaksanaan kualitatif research di Jerman kepada dosen Universitas Islam Negeri Salatiga, Jum’at (9/9). Dalam paparannya, Prof. Reinhard menyampaikan beberapa hal terkait penelitian kualitatif, seperti cara membuat proposal dan menentukan tujuan penelitian kualitatif. Selain itu, diriya juga memberikan tips terkait bagaimana menentukan instrumen pada penelitian kualitatif dan bagaimana startegi pengumpulan data yang valid serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Penelitian kualitatif itu mementingkan objektivitas data dan pandangan responden dalam hubungannya dengan penelitian sosial budaya. Pada penelitian kualitatif, peneliti harus bisa memandang dan menafsirkan dunia dari segi pendiriannya atau prinsip hidupnya. Oleh karena itu, peneliti tidak tidak boleh memaksakan pandangannya sendiri, peneliti harus memulai melakukan penelitian tanpa generalisasi, seakan akan tidak mengetahui sedikitpun,” imbaunya.

Selain membagikan pengalaman dan memberikan tips, prof. Reinhard juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mendiskusikan berbagai aspek terkait kegiatan penelitian yang pernah dilakukan oleh para dosen UIN Salatiga. “Saya harap pertemuan ini dapat membawa manfaat bagi para dosen. Semoga penelitian-penelitian yang dilakukan di masa yang akan datang bisa memberi kontribusi positif pada masyarakat luas.” harapnya.

lp2m | ed: nhl