Fakultas Dakwah UIN Salatiga Terima Kunjungan Ahli Media dari Jerman

SALATIGA-Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga menerima kunjungan ahli di bidang media dan jurnalistik, Hans Wilhelm Wachtel. Upacara penyambutan Hans Wachtel yang merupakan lulusan Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule, Aachen, Germany, itu digelar pada Senin (3/10) di Ruang Rapat Gedung KH. Hasyim Asyari, Kampus III. “Selamat datang di kampus kami yang baru saja bertransformasi menjadi universitas,” ujar Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Muh. Irfan Helmy, mewakili Rektor UIN Salatiga.

Dirinya menilai kedatangan Wachtel sebagai senior expert di Fakultas Dakwah UIN Salatiga adalah berkah dan kesempatan yang baik, “Semoga kedatangan Hans di UIN Salatiga bisa memberi kontribusi positif. Saya harap sivitas akademika UIN Salatiga khususnya Fakultas Dakwah dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk berdiskusi mengenai perkembangan ilmu komunikasi dan media.”

Menurut keterangan yang diberikan oleh Guru Besar bidang Studi Islam tersebut, Hans Wilhelm Wachtel adalah ahli/expert keenam yang didatangkan ke UIN Salatiga pada tahun 2022. “Sebelumnya sudah ada lima ahli lainnnya yang datang dari Jerman dalam rangka mengikuti program Senior Experten Service (SES),” tambahnya.

Menanggapi sambutan yang diberikan UIN Salatiga, Wachtel mengatakan bahwa dirinya sangat bersemangat dan siap membantu untuk mengembangkan ilmu komunikasi dan media di UIN Salatiga, “Saya siap untuk melakukan brainstorming dan berbagi ide di sini. Semoga kedatangan saya ini bisa memberi manfaat.”

Mengenai adanya kerja sama dengan lembaga di luar negeri, Kepala Kantor Urusan Internasional UIN Salatiga, Hammam menjelaskan bahwa KUI UIN Salatiga terus berupaya untuk memperluas jaringan kerja sama UIN Salatiga dengan lembaga dari luar negeri. “Tahun ini, selain program SES yang mendatangkan para ahli, UIN Salatiga juga mendapat dua mahasiswa dari luar negeri. Satu mahasiswa jenjang S3 datang dari India, dan satu mahasiswa jenjang S2 datang dari Thailand. Selain itu KUI juga sedang berupaya untuk memproses kembalinya sembilan mahasiswa asing asal Thailand yang mengambil jenjang S1 di UIN Salatiga,” pungkasnya.