Pengajian Dosen dan Karyawan di Bulan Ramadhan 1432 H

Di Bulan Ramadhan 1432 H yang penuh berkah ini, STAIN Salatiga tidak mau ketinggalan untuk mengejar hikmahnya. Untuk meningkatkan keilmuan di bulan puasa, STAIN menggelar dua kali pengajian di kantor secretariat secara terpadu untuk semua dosen dan karyawan di lingkungan setempat. Pengajian dilaksanakan pada hari Sabtu 6/8 dan 20/8/2011 yang lalu  di lantai 2 Gedung Sekretariat kampus 1 STAIN Salatiga.  Kegiatan dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan  diikuti oleh segenap dosen dan karyawan.

Kegiatan ini dibuka dengan gema wahyu ilahi yang dibawakan oleh Mujib Sahli dan Ahmat Luthfi kemudian dirangkai  sambutan singkat  Ketua STAIN Salatiga, Dr. Imam Sutomo, M.Ag.   Dr. H.M. Zulfa Machasin, M.Ag.  menjadi pembicara tunggal dalam pengajian pertama yang bertajuk “Memahami Hakikat Puasa Agar Tidak Kehilangan Makna dan Mengoptimalkan Nilai Ibadah Puasa”. Suasana santai dan ceria peserta terbangun dalam pengajian ini karena setting “lesehan” dan aneka gurauan segar yang berhasil diselipkan Dr. H.M. Zulfa Machasin, M.Ag.

Pengajian ditutup dengan doa dan pembagian hadiah bagi karyawan yang dapat menjawab beberapa pertanyaan terkait isi pengajian. Tampil memberikan pertanyaan kuis Dr. H.M. Zulfa Machasin, M.Ag. sendiri sebagai pembicara, Dr. Imam Sutomo, M.Ag. (Ketua STAIN Salatiga) Dr. Rahmad Haryadi, M.Pd. (Pembantu Ketua 1), dan Drs. Miftahudin ,M.Ag. (Pembantu Ketua 2). Peserta pemenang kuis masing-masing mendapat kenang-kenangan berupa buku.

Pada pengajian putaran yang kedua tampil sebagai pembicara Prof. Dr. Muh Zuhri, MAg. Beliau menekankan mengenai keagungan shodaqoh dan zakat sebagai penyempurna ibadah puasa Romadhon. Agama memiliki aspek pribadi dan social, dan dua hal itu dihubungkan oleh puasa dan zakat. Demikian intisari dari siraman rohani tersebut. (AJ/SG)