STUDI BANDING KE UNDIKSHA

Gagasan internal agar STAIN Salatiga beralih status ke universitas agaknya semakin menggeliat. Ketua STAIN Salatiga menjawab aspirasi ini dengan menugaskan sebuah team kecil untuk melakukan studi banding ke Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)
Singaraja tanggal 12 Mei 2011 lalu. Studi banding dilakukan atas dasar rekomendasi forum dosen FORDIB yang telah lama menggagas alih status ini. Studi banding yang pertama ini menjatuhkan pilihan ke UNDIKSHA Singaraja dengan berbagai pertimbangan, antara lain sisi historis, ukuran perguruan tinggi, dan kemiripan kondisi administratif daerah.
Rombongan team studi banding STAIN Salatiga yang berjumlah 10 orang dosen ini dipimpin langsung oleh Pembantu Ketua I STAIN Salatiga Dr. Rahmad Haryadi, M.Pd. Setiba di Undiksha team ini diterima langsung oleh Rektor UNDIKSHA, Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., beserta Pembantu Rektor. Selain berdialog lansung dengan Rektor dan Pembantu Rektor, team studi banding juga mendapat kesempatan mengunjungi beberapa unit kerja. Unit kerja yang dikunjungi team diantaranya area perpustakaan, pasca sarjana, dan kegiatan di unit Perencanaan dan Pusat Informasi. Pihak UNDIKSHA menyambut baik kunjungan kerja STAIN Salatiga dengan memberikan aneka bantuan informasi akademik, manajemen, hingga dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Pihak UNDIKSHA bahkan membuka peluang kerja sama dengan STAIN Salatiga ke depan.
UNDIKSHA yang saat ini berkedudukan di Jl. Ahmad Yani 87 Singaraja, Kab. Buleleng, Propinsi Bali ini terus mengalami mengalami perkembangan signifikan. Semula UNDIKSHA Singaraja adalah lembaga pendidikan kursus B1 Bahasa Indonesia (1955). Dua tahun kemudian, dibuka kursus B1 Perniagaan. Lima tahun kemudian, keduanya dilebur menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang berada di bawah naungan Universitas Airlangga Surabaya. saat Universitas Udayana berdiri, FKIP ini dilepaskan dari Universitas Airlangga, menjadi salah satu fakultas di Universitas Udayana, Denpasar. FKIP ini bahkan pernah dialihkan statusnya menjadi IKIP Malang dengan nama IKIP Malang cabang Singaraja. Saat ini UNDIKSHA telah memiliki 6 fakultas dan 22 jurusan, serta mengelola 7 Program Studi S2 dan 4 Program Studi S3. Kota kecil Singaraja tampaknya bukan menjadi hambatan bagi perjuangan UNDIKSHA menjadi universitas dan hikmah inilah yang berusaha dipetik team studi banding STAIN Salatiga kali ini (AJ).