Sarasehan Pemberdayaan dan Pemakmuran Masjid

P3M menyelenggarakan Sarasehan Pemberdayaan dan Pemakmuran Masjid pada Kamis, 22/12, di Lantai 3 Gedung Sekretariat Kampus 2 Kembang Arum. Acara diikuti oleh 96 peserta terdiri dari para takmir masjid se-kota Salatiga. Pemateri adalah Dr. Rahmat Hariyadi, M.Pd, Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik, juga H. Miftahudin, M.Ag, Puket 2 Bagian Kepegawaian. Sedangkan bertindak selaku moderator adalah Yahya, S.Ag . Acara dibuka oleh Wakil Walikota Salatiga, H. Moh. Haris Mahmud, SS, MM pada pukul 09.00.

Dr. Rahmat Hariyadi menyampaikan bahwa menjadi takmir masjid adalah tugas yang sangat mulia dengan mengibaratkan sebagai jarum detik jam yang geraknya harus terlihat dan siap setiap saat. Para takmir masjid harus berbangga hati karena sejauh ini tidak ada masjid yang dijual karena tidak berpenghuni. Pengorbanan dan perjuangan para takmir dalam mengemban tugas memang layak mendapat apresiasi yang tinggi karena dengan demikian telah menghidupkan syiar Islam dengan meluangkan tenaga, waktu, pkirian bahkan materi.

Para peserta nampak antusias mengikuti dari awal hingga akhir acara, terlihat dari sesi tanya jawab yang dipenuhi dengan berbagai gagasan dan ide yang disampaikan. Misalnya ada takmir yang menanyakan mengenai bagaimana strategi terbaik yang harus ditempuh oleh para takmir di tengah berkembangnya dinamika masyarakat yang makin terbuka, khususnya mengenai administrasi, masa kerja, dan variasi dakwah yang harus dijalankan. Juga mengenai integrasi fungsi masjdi sebagai tempat melakukan ibadah tetapi juga sekaligus sebagai tempat melaksanakan pendidikan TPQ dan PAUD yang saat ini makin marak dan sudah menjadi kesadaran bersama.(sg)