Seminar Islam dan Keindonesiaan

Pascasarjana STAIN Salatiga, Rabu (30/11), menggelar  Interdisciplinary Colloquium dengan tema “Islam dan Keindonesiaan; Merajut Kebhinekaan dan Keikaan dalam rangka Pendidikan Karakter Bangsa”, dengan pembicara tunggal Muhammad Ali, P.Hd, Assistant Professor Religious Studies Departement & Southeast Asian Studies Program; Text, Ritual and Performance,  University of California, yang juga merupakan dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Acara digelar di ruang PKM 2 Lt.2 Kampus 1 STAIN Salatiga. Hadir dalam acara itu seluruh mahasiswa PPs STAIN Salatiga yang berjumlah 45 orang, para pejabat structural di lingkungan STAIN Salatiga dan  ditambah para dosen  kandidat doctor yang tengah melakukan studi di berbagai perguruan tinggi.

Acara dibuka oleh Dr. Sa’adi, Direktur  PPs STAIN Salatiga, yang sekaligus melaunching jurnal ‘Indonesian Journal  of Islam and Muslim Societies”, yang diterbitkan  oleh PPs STAIN Salatiga. Beliau mengatakan bahwa Journal ini menjadi menarik karena merupakan Journal Internasional dengan ditandai oleh tulisan yang semua berbahasa Inggris. Ke depan jurnal ini akan terbit 2 kali dalam setahun. Seluruh peserta yang hadir dihadiahi jurnal yang terbit pertama kali ini.

Dr. Zakiyudin Baidhawi yang menjadi moderator dalam pengantarnya mengatakan bahwa meskipun tema ini sudah sangat akrab, namun perkembangan terkini menjadi menarik untuk ditelisik kembali dalam kerangka ini. Hal itu bisa dilihat juga dalam pemaparan Muhamad Ali dalam makalah 18 halaman  seperti judul seminar di atas. Dia menjelaskan bahwa pasca reformasi di Indonesia tahun 1998, perkembangan dunia Islam di Indonesia juga mengalami perubahan signifikan dengan munculnya partai politik baru, baik yang berhaluan nasionalis maupun agama. Dengan perkembangan ini, maka pembacaan ulang atas perkembangan Islam di Indonesia menjadi penting disbanding sebelum reformasi. (sg)