Workshop Pengelola Website Jurnal STAIN Salatiga

Selasa, 24/1, dilaksanakan workshop pengelolaan website untuk  para redaktur Jurnal di lingkungan STAIN Salatiga. Dalam acara ini sekaligus launching website Jurnal di STAIN Salatiga di bawah komando domain Ijtihad.stainsalatiga.ac.id.  Acara  dibuka oleh Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik Dr. Rahmat Haryadi, M.Pd mewakili Pimpinan yang sedang acara lain.  Puket 1 berharap agar  dengan hadirnya web tersendiri bagi jurnal-jurnal yang ada di STAIN Salatiga bisa memberikan yang terbaik untuk lembaga ini.

Menurutnya dengan di posting di website, Jurnal akan dibaca banyak orang,yang  dengan demikian akuntabilitas dan pertanggungjawaban menjadi lebih besar. Oleh karena itu para pengelola website di jurnal agar bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Jurnal akan menunjukkan eksistensi perguruan tinggi ketika dibaca dan diminati banyak orang seperti di perguruan tinggi Eropa dan Amerika.

Workshop menghadirkan pemateri Seno Aji dari Yogyakarta, yang mamaparkan bagaimana cara mengoptimalkan web Journal yang sudah dibuatnya. Ia juga menyampaikan bahwa dengan eksistensi jurnal, maka PT itu berarti sehat, karena dengan demikian ada aktifitas yang simultan.

Diinformasikan juga  bahwa Dikti akan membuat aturan, Jurnal  yang dibuat dosen harus bisa dicari di internet. Hal ini untuk menghindari plagiat. Ia memaparkan, bahwa ada dua hal yang  menjadi penting dengan website jurnal, yaitu Isi dan aesistensinya.

Sebagaimana diketahui, Jurnal yang ada di STAIN Salatiga adalah; Ijtihad yang sudah terakreditasi, At-Tarbiyah, Mudarrisa, Lisania, Muqtashid, Inferensi, dan Register. (SG)