Praktikum Kepramukaan PGMI

Pramuka merupakan materi wajib yang harus dikuasai oleh calon guru yang akan mengajar di madrasah ibtidaiyyah. Karena pramuka merupakan program ekstrakurikuler yang diwajibkan oleh pemerintah bagi sekolah-sekolah. Untuk tujuan ini, Program Studi PGMI mengadakan Praktikum Kepramukaan selama dua hari, Sealas dan Rabu, 7-8/2, yang lalu di Aula Kampus dua Kembang Arum. Acara diadakan untuk meningkatkan kompetensi professional calon guru MI.

Acara diadakan mulai jam 07.00 hingga 17.00 sore hari dan diikuti oleh 75 peserta  dari dua kelas A dan B semester satu. Adapun pelatihnya yaitu Drs. Abdul Syukur, M.Si, Maslikhah, M.Si, Nur Hasanah, M.Pd. sedangkan materi yang disampaikan adalah pemetaan, upaca api unggun, ulang janji, upacara-upacara; pembukaan latihan, pelantikan kenaikan tingkat, penutupan latihan.

Dalam latihan itu banyak mahasiswa yang harus mengingat kembali kegiatan pramuka yang beberapa bulan ditinggalkan karena sudah tidak diwajibkan lagi. Ini bisa menjadi penyegaran bagi mahasiswa yang kelak akan mereka bawa sebagai bekal ketika menjadi guru MI. (SG)