Konser Perdana HUT SMC STAIN Salatiga “CAMBIOSO, Musik Cermin Manusia Berekspresi”

“Musik cermin Manusia Berekspresi” menjadi tema yang diangkat dalam konser perdana Cambioso STAIN Music Club (SMC), 20/3, Selasa malam lalu di aula utama kampus 1 STAIN. Acara yang dihadiri tak kurang dari 500 partisipant dari berbagai wilayah yang tergabung dalam IMC (Indonesian Music Choir) itu dimulai pukul 21.00 wib dan dibuka oleh H. Agus Waluyo, M. Ag, Pembantu Ketua III, Bidang Kemahasiswaan, secara resmi membuka kegiatan tersebut.
Animo masyarakat kampus menyambut kegiatan ‘super’ meriah ini terhitung sangat besar, terbukti dari hasil penjualan tiket yang laris manis bahkan ketika acara berlangsung. Beberapa wakil dari UIN Sunan Kalijaga, UIN Jakarta, IAIN Surakarta, IAIN Walisongo Semarang, STAIN Kudus, STAIN Pekalongan, INISNU Jepara pun turut berpartisipasi memeriahkan acara bertajuk “perubahan” itu. Sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini, Ketua Umum SMC tahun 2012, Thuba Ulinnuha memberikan satu penjelasan tentang sebuah harapan perubahan yakni arti dari kata Cambioso yang berasal dari bahasa latin itu. “Kami sangat berharap di tahun ini, angkatan baru anggota SMC tahun 2012 yang kami sepakati bernama Cambioso bisa memberikan sebuah perubahan yang akan membawa SMC menjadi lebih baik lagi,” ungkap mahasiswa semester delapan yang sedang menempuh program KKN dan harus membagi pikiran serta waktunya untuk memimpin SMC itu, ketika berhasil ditemui reporter kampus.
Sebelumnya para calon anggota baru yang resmi dikukuhkan pada puncak acara malam itu, harus menempuh PEDAS yakni pendidikan dasar yang telah dilaksanakan Desember tahun lalu dan peserta konser perdana ini pun wajib mengikuti karantina selama satu minggu sebelum pementasan. Mereka di bagi dalam beberapa kelompok band dan membewakan lagu ciptaan sendiri serta beberapa lagu yang telah berhasil di aransement. Salah satunya penampilan menawan dari group Coffebreak yang menarik perhatian penonton ketika sang vokalis melantunkan lagu dari Utopia berjudul hujan.
Tak kalah menariknya, penampilan dari koor SMC yang menyanyikan  tiga lagu daerah yaitu Ondel-ondel, suwe ora jamu dan abdul rempong yang dicomposeri oleh Maya Jati Waluyo. Para anggota IMC yang berjumlah 115 mahasiswa dari bebagai kampus  pun turut ambil suara dengan menyanyikan lima buah lagu diantaranya, When You Believe- Withney Huston dan Ketika Cinta bertasbih-Melly Goslow dengan Arifin dari ISI Jogja sebagai condactoornya.  Adapun kendala yang dihadapi untuk pementasan ini, Arifin mengatakan, adalah mengenai teknik, penyampaian dan interpretasi lagu. Para penonton tak beranjak dari acara hingga acara usai tengah malam. (gendis).